Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

jualan dropshiper lebih baik niche market ( toko khusus ) atau mass market ( toko umum )

Sudah memutuskan apa yang akan dijual?

Apakah Anda sudah tahu apa yang akan ditawarkan di toko online Anda?

Apakah Anda ingin benar-benar menjual banyak produk? Atau, apakah Anda ingin berjualan dengan pilihan produk yang yang khusus?

Lihat artikel terbaru  ini dan lihat apa opsi terbaik untuk mengembangkan bisnis toko online anda

Niche Market VS mass market : Apa yang Terbaik Untuk Usaha Dropshipping Anda

dalam pembahasan ini niche market akan saya sebut toko khusus dan mass market akan saya sebut toko umum. 

Jika Anda berpikir untuk meluncurkan bisnis dropshipping pertama Anda. Tapi apa bisnis online Anda akan menjual? Haruskah Anda mulai menjual setiap kategori produk atau haruskah Anda membangun toko khusus?

Tentu saja, ada lusinan pertanyaan untuk dijawab. Saya kira setidaknya beberapa dari mereka tercakup di sini. Tapi yang paling mengganggu Anda adalah dilema: apa yang harus dijual di toko Anda?

Kami memahami betapa pentingnya bagi pengusaha dropshipping untuk menghasilkan ide yang sempurna untuk toko masa depan mereka. Itu sebabnya kami memiliki seluruh bagian blog yang didedikasikan untuk metodologi dan tip untuk pilihan produk yang cerdas.

Namun, ada satu masalah yang belum kami diskusikan, dan hari ini, kami akan membicarakannya secara eksklusif.

Jenis bisnis apa yang harus dipilih: toko khusus atau toko umum?

ketika orang pertama , salah satu pertanyaan pertama yang mereka ajukan kepada klien adalah “Apa yang ingin Anda jual di toko Anda?”

Yang cukup menarik, salah satu jawaban yang paling umum adalah… “Semuanya”.

Ini berarti bahwa klien ingin meluncurkan apa yang disebut toko umum.

Apa itu toko umum?

Seperti yang mungkin sudah Anda duga, toko umum adalah pasar online yang mirip dengan toko serba ada offline. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa toko dropshipping online biasanya tidak menjual makanan dan minuman.

Berbagai macam barang ada , mulai dari kaus kaki hingga bola lampu, dapat ditemukan di toko umum. Pemilik toko ini berasumsi bahwa sejumlah besar produk adalah strategi kemenangan karena pengunjung situs yang lewat 'dijamin' tertarik pada sesuatu dan memesan.

Apakah asumsi ini benar?

keuntungan toko umum

Ada beberapa alasan bagi seorang pengusaha untuk membangun toko yang menjual segala macam produk:

  • Tidak ada penelitian yang benar-benar diperlukan

Sebenarnya, untuk memulai bisnis apa pun yang sukses, Anda perlu melakukan setidaknya riset dasar untuk memahami tren pasar, penawaran produk, dan preferensi pelanggan.

Namun, ketika Anda memulai toko umum, Anda tidak selalu melihat perlunya mempelajari apa pun tentang pasar. Anda cukup mengisi toko Anda dengan produk apa pun yang menarik perhatian Anda dan menunggu pembelian.

  • Pilihan produk sangat banyak

Tugas penting lainnya untuk pemula dropshipping adalah memilih produk untuk dijual. Jika Anda akan membuat toko khusus, pilihan ini akan terbatas.

Namun, dengan toko umum, Anda dapat menambahkan apa pun ke penawaran produk Anda. Berkat solusi teknologi cerdas, Anda dapat mengisi toko umum Anda dengan barang-barang pilihan dengan sangat cepat. Dalam beberapa klik, Anda dapat membeli barang marketplace dalam jumlah tak terbatas ke toko Anda sendiri dan membiarkan pengunjung situs Anda menikmati berbagai macam barang.

  • Lingkaran pembeli potensial sangat luas

Jika Anda menjual banyak produk yang berbeda, Anda dapat mengharapkan orang yang benar-benar berbeda untuk melakukan pembelian dari Anda. Anda tidak bekerja dengan segmen pelanggan kecil. Sebaliknya, Anda pada dasarnya berurusan dengan seluruh dunia karena bisnis dropshipping tidak memiliki batas geografis.

Tunggu.

Apakah kedengarannya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan?

Ada alasan bagus untuk curiga karena, sejujurnya, strategi bisnis ini tidak semenarik kelihatannya.

Kekurangan toko umum

Anda mungkin mendapat kesan bahwa toko dropshipping umum adalah usaha yang 'gampang' dan tidak ada kendala. Jangan membuat diri Anda tertipu oleh kesederhanaan yang tampak ini. Faktanya, menjalankan toko seperti itu dengan cara yang efisien adalah hal yang sulit untuk dilakukan.

  • Tugas terkait produk sangat banyak

Jika kita berbicara tentang situs web berskala besar dengan beragam produk, itu pasti membutuhkan BANYAK item (mungkin ratusan), jika tidak, itu akan terlihat sangat aneh bagi pelanggan.

Ya, Anda dapat membeli barang yang diinginkan dari marketplace dalam hitungan detik dan menetapkan harga untuk barang tersebut secara otomatis dalam beberapa klik. Namun dapatkah Anda bayangkan berapa lama waktu yang Anda perlukan untuk mengedit semua halaman produk ini? Bukan pilihan untuk membiarkannya tidak diedit. Dalam hal ini, situs web Anda akan diisi dengan konten non-unik yang merusak SEO. Selain itu, pengunjung toko akan segera memahami bahwa mereka dapat menemukan produk yang sama di shopee dengan harga yang jauh lebih rendah.

  • Persaingan terlalu ketat

Siapa pesaing Anda ketika Anda menjual semuanya sekaligus? Tidak ada ceruk pasar khusus dalam kasus ini. Kemungkinan besar, Anda akan memiliki lusinan pesaing tidak langsung yang penawaran produknya sebagian mirip dengan milik Anda, dan beberapa pesaing langsung (katakanlah tokopedia dan shopee) yang hampir mustahil untuk disaingi (setidaknya pada tahap awal).

Bagaimana dengan keunggulan kompetitif unik Anda? Anda tidak akan dapat menetapkan harga super rendah (jika tidak, seluruh bisnis Anda tidak akan berguna). Dan Anda hampir tidak akan dapat bersaing dengan raksasa ritel online dengan jumlah produk di toko Anda. Bagaimana Anda akan menonjol, kalau begitu?

  • Hampir tidak mungkin untuk mendapatkan peringkat tinggi untuk kata kunci yang dipilih

Sekali lagi, ini adalah masalah yang terkait dengan kompetisi. Jika rangkaian produk toko online tidak memiliki spesifikasi yang ditentukan secara sempit, sangat sulit bagi pemiliknya untuk mengubahnya menjadi situs web yang ramah SEO.

Masuk akal untuk mengoptimalkan toko ini untuk kata kunci yang sangat luas seperti 'belanja online' atau 'beli online'. Bayangkan saja berapa banyak situs e-commerce mapan yang sudah menggunakan kata kunci tersebut.

Sederhananya, dengan kata kunci generik seperti itu, toko Anda tidak akan mendapat peringkat yang cukup tinggi di halaman hasil mesin pencari. Akibatnya, pengguna Internet tidak akan cukup sering menemukannya.

  • Strategi pemasaran yang tepat sangat sulit untuk dibangun

Jika Anda tidak dapat bersaing berdasarkan harga atau rentang produk, dan jika Anda tidak dapat mencapai halaman pertama Google dengan kekuatan SEO, satu-satunya hal yang dapat Anda lakukan untuk menghasilkan penjualan adalah dengan mempromosikan toko Anda di seluruh dunia. Iklan Internet.

Namun, untuk toko umum, bahkan tugas ini tampaknya sangat menantang. Masalahnya adalah Anda tidak dapat mengandalkan strategi pemasaran khusus.

Di mana Anda akan memposting iklan Anda jika Anda tidak tahu platform dan situs web apa yang digunakan audiens target Anda? Apa sebenarnya yang akan Anda promosikan jika Anda memiliki ratusan produk di toko Anda? Jenis pesan apa yang akan Anda gunakan untuk setiap saluran pemasaran jika Anda tidak tahu apa yang relevan dan penting bagi pembeli Anda?

Pada dasarnya, Anda akan melakukan tebakan acak atau tidak melakukan tindakan promosi sama sekali. Dan Anda tidak dapat mengharapkan langkah-langkah ini benar-benar menjadi strategi menghasilkan uang.

  • Anda tidak tahu harus fokus pada apa

Banyak pemula tidak yakin apa yang harus mereka lakukan di awal perjalanan dropshipping mereka. Tetapi dengan toko umum, mungkin menjadi lebih bingung.

Tanpa pengalaman sebelumnya di bidang bisnis ini, mudah kewalahan dengan data yang tidak terstruktur dan tersegmentasi di dalam toko Anda.

Jika Anda tidak ingin kecewa dengan hasil bisnis Anda, jangan pergi ke toko umum kecuali Anda memiliki pengetahuan dropshipping yang cukup.


bagaimana dengan toko khusus – mari kita bicarakan lebih detail.

Apa itu niche market ( toko khusus ) ?

Seperti yang bisa Anda tebak dari namanya, toko niche online adalah toko yang menjual berbagai macam produk dengan kategori khusus.

Semua barang yang ditawarkan di toko ini harus memiliki beberapa fitur pemersatu. Terserah Anda untuk memutuskan apa sebenarnya yang akan Anda gunakan untuk tujuan ini.

Mungkin, Anda akan berkonsentrasi pada harga barang. Misalnya, dalam pemilihan produk sampel ini, kami mencantumkan produk yang disatukan tidak hanya oleh sisi visualnya (pola tanaman) tetapi juga harganya (lebih rendah dari 100.000 ).

Mungkin, Anda akan menggunakan tujuan produk tertentu sebagai fitur pemersatu. Misalnya, untuk sampel pemilihan produk ini, kami telah memilih item yang dirancang untuk mengurangi kecemasan dan membantu orang mengatasi stres.

Atau, mungkin, Anda akan menggunakan hobi dan minat pribadi pembeli sebagai dasar niche toko Anda. Misalnya, pemilihan produk sampel ini akan menarik bagi pelanggan yang terpesona oleh astronomi dan eksplorasi ruang angkasa.

Anda dapat menemukan lebih banyak ide niche di blog kami serta tips tentang cara menemukan niche Anda dan mengevaluasinya.

Dengan kata lain, Anda memiliki banyak cara untuk mengidentifikasi dan membuat ceruk produk. Dan pilihan utama Anda sangat bergantung pada minat dan preferensi pribadi Anda. Itu selalu merupakan ide yang baik untuk memilih ceruk yang Anda sukai – atau, setidaknya, Anda harus tahu banyak tentang produk, tren pasar, dan preferensi pelanggan di area bisnis ini. Pengetahuan berharga ini adalah kunci untuk mendapatkan manfaat dari semua banyak keuntungan dari toko dropshipping niche.

Keuntungan toko niche

Jadi, apa yang membuat toko online niche menjadi pilihan yang sempurna bagi pengusaha dropshipping?

  • Manajemen lebih mudah

Dibandingkan dengan toko umum, toko khusus adalah usaha yang jauh lebih sedikit memakan sumber daya. Masalahnya, Anda tidak membangun kerajaan e-niaga mega dalam kasus ini. Anda menciptakan bisnis yang jauh lebih kecil yang dapat ditingkatkan secara fleksibel dan dijalankan dengan nyaman dalam perspektif jangka panjang.

  • Rentang produk yang terdefinisi dengan baik

Mengetahui apa yang sedang tren dan populer di ceruk khusus ini, Anda mendapatkan peluang cemerlang untuk hanya mengisi toko Anda dengan barang-barang yang diminta yang akan sering dibeli.

Plus, sebagai penggemar niche Anda sendiri, Anda tahu persis fitur produk apa yang berharga bagi audiens target Anda. Oleh karena itu, Anda dapat membuat deskripsi produk unik yang menarik bagi calon pembeli Anda dan menang dalam hal SEO.

  • Persaingan sedang

Jika Anda menjual semuanya sekaligus, Anda bersaing dengan ratusan, bahkan ribuan bisnis serupa. Tetapi, jika penawaran produk Anda adalah pilihan yang sangat spesifik dari barang-barang yang terkait erat, peluang Anda untuk menemukan seseorang yang menjual barang yang persis sama jauh lebih rendah.

Dengan cara ini, Anda mendapat kesempatan untuk memantapkan diri Anda sebagai toko unik yang menawarkan sesuatu yang sulit dibeli dari penjual lain.

Jangan lupa bahwa pengetahuan mendalam Anda tentang area bisnis ini membantu Anda menciptakan suasana yang hangat dan mendukung di dalam toko, dan meyakinkan pengunjung tentang keahlian dan sikap profesional Anda. Tentu, ini sangat baik untuk reputasi, pengenalan merek, dan loyalitas pelanggan Anda.

  • Profil pelanggan yang dapat dimengerti

Sebagai penggemar niche Anda sendiri, Anda memiliki gagasan yang kurang lebih jelas tentang orang-orang yang berpikiran sama yang juga bersemangat tentang topik dan produk khusus ini.

Memahami audiens khusus Anda, Anda dapat mengonfigurasi pengaturan iklan Anda dengan cara yang paling tepat dan mengirimkan konten berharga Anda kepada pengguna Internet yang akan dengan senang hati bergabung dengan komunitas yang Anda bangun di sekitar merek Anda.

  • Strategi pemasaran yang ditargetkan

Mengetahui detail yang diperlukan dari minat dan perilaku pembeli potensial Anda, Anda dapat dengan mudah membuat pesan promosi yang sangat menarik. Selain itu, Anda dapat memilih saluran yang tepat untuk distribusinya.

Ketika Anda berbicara bahasa pembeli Anda dan nongkrong persis di tempat mereka melakukannya, kemungkinan besar Anda akan berhasil menciptakan citra merek yang sempurna. Sebenarnya, itu bahkan bisa mengakibatkan pembelian berulang yang sering!

  • SEO yang efisien

Dengan penawaran produk yang didefinisikan secara sempit, Anda memiliki kesempatan untuk menemukan dan memilih kata kunci ekor panjang yang mengagumkan. Kata kunci ini biasanya terdiri dari 3 kata atau lebih, dan mereka menggambarkan konten halaman situs Anda dengan tepat.

Mungkin, hal terbesar tentang kata kunci ini adalah kekuatannya untuk menarik orang yang sangat tertarik ke toko Anda. Memang, jika seseorang mencari kombinasi kata di Google yang mirip dengan beberapa kata kunci target Anda dan mengklik alamat situs Anda karena akan ditampilkan di halaman hasil pencarian, pengunjung ini kemungkinan besar akan melakukan pembelian dari Anda cepat atau lambat.

  • Tingkat konversi yang lebih tinggi

Akankah setiap pengunjung toko membeli sesuatu dari Anda?

Jika mudah untuk menavigasi situs Anda dan menemukan produk yang diinginkan, jika item dipilih dengan hati-hati, jika halaman produk terlihat menggoda dan dapat dipercaya, peluang untuk mengubah pengunjung yang lewat menjadi pembeli yang bersemangat cukup tinggi.

Jelas, jauh lebih mudah untuk mencapai skenario ini dengan toko khusus. Seperti yang telah kami ketahui, toko umum yang kaya produk dapat menjadi tantangan bagi pemilik untuk dijalankan dan mengganggu pengunjung untuk menjelajah.

Kekurangan toko niche

Apakah toko niche memiliki kekurangan?

Secara pribadi, saya pikir semua yang disebut 'kelemahan' toko khusus ada dibawah ini.

  • Anda perlu melakukan penelitian

Ya, ini mungkin merupakan kelemahan paling signifikan dari bisnis niche. Dengan toko khusus, Anda benar-benar perlu memahami apa yang Anda jual dan siapa yang Anda targetkan.

Tapi, itu tidak akan menjadi masalah jika Anda mengenal niche ini dengan cukup baik. Dalam hal ini, Anda entah sudah mengetahui aspek paling krusial yang menjadi ciri segmen bisnis ini, atau Anda punya ide di mana harus mencari informasi yang relevan.

kutipan : omong-omong, kami, sebagai penggemar pendekatan ceruk, ingin mempermudah Anda melakukan penelitian ceruk – inilah sebabnya kami dengan hormat mengundang Anda untuk menggunakan alat evaluasi ceruk gratis kami yang memperkirakan potensi ceruk apa pun di pilihanmu.

  • Anda menguji satu ceruk pada satu waktu

Tampaknya bertentangan dengan toko umum, toko khusus tidak memiliki 'rencana cadangan' untuk dicoba jika produk yang dipilih tidak melihat banyak permintaan.

Ini tidak sepenuhnya benar. Jika Anda memperhatikan bahwa ceruk khusus ini tidak memberi Anda keuntungan sebanyak yang Anda inginkan, Anda dapat sedikit mengubah arah bisnis Anda dan mengisi toko Anda dengan produk yang secara longgar terkait dengan pilihan awal Anda. Berkat sifat dropshipping, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya apa pun untuk melakukan ini, dan reputasi online Anda pasti akan tetap tidak rusak.

  • Anda membatasi aktivitas Anda sendiri

Anda mungkin berpikir bahwa dengan toko khusus, Anda membatasi omset Anda sendiri dan mengurangi potensi keuntungan Anda.

Kenyataannya, dalam banyak aspek, toko khusus lebih menarik bagi pembeli daripada platform belanja online skala besar. Untuk sejumlah alasan, orang ingin membeli dari toko online yang lebih kecil dan umumnya lebih memilih mereka daripada raksasa ritel.

Jadi, jika Anda memasarkan toko Anda dengan cara yang benar, Anda masih dapat mengandalkan jumlah pesanan yang masuk dan keuntungan yang besar.

Niche market vs Mass market : mana yang lebih baik untuk pemula?

Jadi, jika Anda membandingkan dua opsi ini, Anda akan melihat bahwa membangun toko umum lebih mudah. Menemukan produk mungkin membutuhkan lebih banyak waktu, tetapi Anda tidak terbatas pada niche. Selain itu, toko umum lebih fleksibel dalam hal pengujian produk baru.

Namun, meskipun membuat toko umum lebih mudah, menghasilkan uang dengannya jauh lebih sulit dibandingkan dengan toko khusus. Dengan niche store, hanya perlu fokus mengiklankan satu niche dan beberapa kategori produk saja. Seringkali Anda hanya perlu menargetkan satu audiens, dan itu jauh lebih mudah dalam hal kehadiran media sosial. Itu sebabnya tim kami merekomendasikan agar pemula memulai toko khusus.

Bagaimana cara mengevaluasi ide ceruk pasar?

Dalam kebanyakan kasus, pengusaha memilih ceruk yang mereka sukai. Tapi bukan ide yang baik untuk memulai bisnis dropshipping berdasarkan perasaan pribadi saja tanpa riset yang tepat. Berikut adalah tip umum dalam mengevaluasi ide niche. Jika hal berikut ini benar, ide Anda mungkin memiliki potensi.

  • Anda tahu ceruk ini dengan baik dan merasa bersemangat tentang hal itu.
  • Google Trends menunjukkan jumlah kueri yang stabil atau terus bertambah terkait dengan ceruk ini.
  • Anda dapat menemukan banyak jenis dan kategori produk untuk dropship di marketplace
  • Produk dalam ceruk ini benar-benar memecahkan masalah atau memiliki nilai emosional yang kuat.
  • Produk yang ingin Anda dropship tidak mudah ditemukan secara offline.
  • Ada cukup pemasok andal di marketplace (dengan peringkat dan skor tinggi).
  • Anda dapat menemukan beberapa grup media sosial yang terkait dengan ceruk ini (sekitar 15 grup dengan 30.000 pengikut untuk Facebook dan 10.000 pengikut untuk Instagram cukup bagus).
  • Anda telah menganalisis toko online lain yang bekerja di ceruk ini dan Anda yakin dapat bersaing dengan mereka berdasarkan harga.