servise advisor





Tanggung jawab Penasihat Layanan meliputi:

Menyambut pelanggan dan mengarahkan mereka ke mekanik yang tersedia

Berkonsultasi dengan mekanik mengenai perbaikan yang diperlukan dan kemungkinan alternatif untuk perbaikan yang mahal

Menggunakan pengetahuan Anda tentang produk dan layanan kami untuk menjual atau memberikan informasi mendalam tentang opsi suku cadang dan layanan yang tersedia kepada pelanggan

Pekerjaan singkat

Kami mencari Penasihat Layanan untuk bergabung dengan tim kami dan bertindak sebagai penghubung antara pelanggan dan Teknisi Layanan kami.


Tanggung jawab Penasihat Layanan termasuk menyapa pelanggan, mendengarkan kebutuhan mereka dan menjadwalkan janji temu sesuai kebutuhan. Mereka mungkin juga termasuk menyiapkan mobil pinjaman dan memverifikasi asuransi sebelum pemeliharaan dijadwalkan.


Pada akhirnya, Anda akan bekerja secara langsung dengan pelanggan untuk memahami kebutuhan mereka dan memberikan informasi yang diperlukan kepada Teknisi Layanan kami untuk memberikan layanan terbaik.


Tanggung jawab

Jawab pertanyaan tentang hasil layanan, jadwal dan janji temu, pengantaran kendaraan, dan penjemputan kendaraan

Memberi pelanggan informasi dan saran tentang perlindungan garansi, potensi penghematan biaya, dan keuntungan berdagang dibandingkan memperbaiki mobil mereka

Kelola dan awasi alur kerja dan jadwal dealer

Hubungi pelanggan untuk memberi tahu mereka tentang perubahan layanan atau waktu penjemputan mobil

Pertahankan hubungan pelanggan yang positif untuk memastikan bisnis yang berulang

Persyaratan dan keterampilan

Pengalaman kerja yang terbukti sebagai Penasihat Layanan atau peran serupa

Pemahaman yang kuat tentang teknologi otomotif dan industri otomotif

Kemahiran dengan perangkat lunak khusus industri

Layanan pelanggan yang sangat baik, keahlian interpersonal dan komunikasi

Keterampilan organisasi, pengambilan keputusan, dan pemecahan masalah yang kuat

Pelatihan dan/atau sertifikasi yang relevan sebagai Penasihat Layanan

Pertanyaan yang sering diajukan

Apa yang dilakukan Penasihat Layanan?

Penasihat Layanan adalah titik kontak utama bagi pelanggan yang ingin memperbaiki mobil mereka di dealer atau bengkel mobil. Mereka bekerja sama dengan Teknisi Servis dan menjelaskan detail harga perbaikan dengan klien sesuai kebutuhan.


Apa tugas dan tanggung jawab seorang Service Advisor?

Penasihat Layanan akan memiliki banyak tugas tergantung pada lokasinya, tetapi mereka umumnya berfokus pada menjawab pertanyaan pelanggan, menjadwalkan janji temu, dan membantu pelanggan menentukan layanan apa yang mungkin mereka perlukan berdasarkan masalah perawatan kendaraan.


Apa yang membuat Penasihat Layanan yang baik?

Penasihat Layanan yang baik harus memiliki keterampilan layanan pelanggan yang sangat baik karena mereka bekerja secara langsung dengan pelanggan. Mereka juga membutuhkan pemahaman yang kuat tentang teknologi otomotif untuk menyampaikan informasi dari pelanggan kepada Teknisi Servis guna memastikan kendaraan diperbaiki dengan baik.


Dengan siapa Penasihat Layanan bekerja?

Penasihat Layanan bekerja dengan pelanggan untuk memahami kebutuhan mereka, tetapi mereka juga bekerja dengan Mekanik Otomatis untuk memastikan kendaraan pelanggan menerima layanan yang diperlukan.


----


Penasihat Servis, atau Penasihat Servis Otomotif, bertanggung jawab untuk berkomunikasi dengan pelanggan tentang kebutuhan perbaikan kendaraan mereka dan menyampaikan informasi kepada Teknisi Servis. Tugas mereka termasuk menyapa pelanggan dan membantu mereka menentukan perbaikan dan biaya yang relevan, mempertahankan pengetahuan terkini tentang berbagai layanan majikan mereka dan menghubungi pelanggan untuk memberi tahu mereka tentang status perbaikan kendaraan mereka.


Tugas dan tanggung jawab Service Advisor

Penasihat Layanan Purna Waktu menghabiskan sebagian besar waktunya di lingkungan kantor, meskipun mereka sering mengunjungi bengkel. Tugas dan tanggung jawab dapat mencakup hal-hal berikut:


Menyambut pelanggan dan mengarahkan mereka ke teknisi yang tersedia

Berkonsultasi dengan teknisi tentang perbaikan yang diperlukan dan alternatif yang dapat ditawarkan sebagai pengganti perbaikan yang mahal

Menjawab pertanyaan pelanggan tentang hasil layanan dan berkonsultasi dengan teknisi bila diperlukan

Menginformasikan pelanggan tentang potensi penghematan biaya dan perlindungan garansi

Membantu pelanggan memutuskan untuk memperbaiki mobil mereka melalui bengkel dealer atau menukar kendaraan

Mengawasi dan mengelola penjadwalan dan alur kerja pusat layanan

Menginformasikan pelanggan tentang perubahan layanan atau kapan kendaraan mereka siap untuk diambil


Apa yang dilakukan Penasihat Layanan?

Penasihat Layanan biasanya bekerja untuk dealer mobil atau bengkel otomotif untuk bertindak sebagai penghubung antara staf layanan dan pelanggan. Mereka bekerja sama dengan Teknisi Servis untuk menentukan harga perbaikan dan menjelaskan alasan biaya perbaikan kepada pelanggan. Tugas mereka adalah membantu pelanggan memanfaatkan kesepakatan perbaikan dan mempelajari tentang program garansi. Mereka mungkin juga bertanggung jawab untuk menjaga jadwal perbaikan dan memesan suku cadang mobil untuk Teknisi Servis.


Keterampilan dan kualifikasi Penasihat Layanan

Beberapa karir otomotif fokus pada satu bidang keterampilan utama, seperti keuangan, layanan pelanggan, atau mekanik. Seorang Penasihat Layanan menggunakan keterampilan dari masing-masing bidang ini, termasuk:


Keterampilan layanan pelanggan: Penasihat Layanan berurusan dengan pemasok, memberikan perkiraan dan menjadwalkan janji temu, jadi bersikap sopan dan ramah itu penting. Mereka juga harus mampu menangani keluhan pelanggan secara diplomatis dan sopan.

Keterampilan komunikasi: Sebagai penghubung antara pelanggan dan teknisi, Penasihat Layanan harus dapat menjelaskan dengan jelas rekomendasi perbaikan teknisi kepada pelanggan sambil mengomunikasikan kebutuhan pelanggan kepada teknisi.

Keterampilan pemahaman: Penasihat Layanan harus dapat memahami pertanyaan dan kekhawatiran pelanggan serta apa yang dikatakan saat teknisi memberikan rekomendasi layanan yang rumit.

Keahlian teknik dan mekanik: Memiliki pengetahuan luas di bidang ini sangat penting saat melihat dokumen teknis yang rumit, memesan secara online, dan berbicara dengan teknisi.

Keterampilan pemecahan masalah: Penasihat Servis harus mampu berpikir sendiri dan menyelesaikan masalah dengan cepat saat pelanggan berubah pikiran tentang pekerjaan servis, perbaikan berjalan terlambat dari jadwal, atau suku cadang datang terlambat.

Keterampilan matematika dan menulis: Penasihat Layanan menyiapkan dan menghitung perkiraan sehingga memiliki keterampilan matematika dan menulis yang baik adalah bagian penting dari pekerjaan.

Ekspektasi gaji Penasihat Layanan

Seorang Penasihat Layanan menghasilkan rata-rata $54,724 per tahun. Gaji mungkin tergantung pada tingkat pengalaman, pendidikan dan lokasi geografis.


Persyaratan pendidikan dan pelatihan Service Advisor

Individu yang tertarik menjadi Service Advisor dapat memulai pendidikan mereka saat di sekolah menengah atas dengan mendaftar di program Automotive Youth Educational Systems (AYES). Seringkali, program ini ditawarkan sebagai kemitraan dengan dealer waralaba dan produsen mobil. Menyelesaikan program ini membuat lulusan memenuhi syarat untuk pendidikan otomotif pasca-sekolah menengah atau posisi teknisi tingkat pemula.


Meskipun gelar sarjana biasanya tidak diperlukan, beberapa pendidikan pasca-sekolah menengah sering membantu saat mencari pekerjaan penuh waktu karena pemberi kerja sering kali lebih memilih kandidat yang berpengalaman di bidangnya. Menyelesaikan magang atau pelatihan formal seringkali dapat mempermudah pencarian posisi penuh waktu.


Persyaratan pengalaman Penasihat Layanan

Individu dapat mulai mempersiapkan karir penasihat layanan saat di sekolah menengah dengan mendaftar dalam program pelatihan pemuda yang disponsori industri. Magang, program pelatihan pasca-sekolah menengah, pelatihan di tempat kerja, dan pengalaman kerja semuanya diperlukan untuk naik ke posisi manajerial.


Apa perbedaan antara Penasihat Layanan dan Penulis Layanan?

Perbedaan antara Service Advisor dan Service Writer adalah senioritas dan ruang lingkup tugas masing-masing. Misalnya, Penasihat Layanan bertanggung jawab untuk menyapa pelanggan, memberi tahu mereka tentang layanan otomotif mereka, dan mendiskusikan potensi perbaikan atau opsi pembayaran. Sebaliknya, Penulis Layanan bertanggung jawab untuk mengetik pesanan perbaikan untuk diberikan kepada Teknisi Layanan. Biasanya Penasihat Layanan memiliki lebih banyak pengalaman daripada LayananPenulis, yang memungkinkan mereka untuk melakukan peran yang lebih senior, jika dibandingkan dengan Penulis Layanan. Penasihat Layanan bekerja sama dengan Penulis untuk mencatat detail pelanggan.


 


Apa tugas sehari-hari dari Penasihat Layanan?

Pada hari-hari biasa, Penasihat Layanan memulai dengan meninjau jadwal perawatan dan perbaikan untuk hari itu. Mereka menghubungi pelanggan untuk memberi tahu mereka saat kendaraan mereka siap dan meninjau catatan perbaikan untuk memastikan tidak ada pembayaran terutang. Sepanjang hari, mereka menyapa pelanggan dan bertemu dengan mereka untuk mendiskusikan kebutuhan perbaikan atau pemeliharaan mereka. Selama waktu henti, Penasihat Layanan berbicara dengan Teknisi untuk memeriksa kemajuan mereka dan memberi tahu pelanggan.


 


Kualitas apa yang menjadikan Penasihat Layanan yang baik?

Penasihat Layanan yang baik memiliki sifat yang menarik dan kemampuan layanan pelanggan yang sangat baik, yang memungkinkan mereka membuat hubungan yang berarti dengan pelanggan dan mendorong bisnis yang berulang. Mereka menghargai pendidikan lanjutan dan mencari cara untuk meningkatkan pengetahuan mereka tentang layanan otomotif yang ditawarkan oleh perusahaan mereka. Hal ini memungkinkan mereka untuk memberi pelanggan wawasan berharga tentang apakah mereka harus memperbaiki atau menukar kendaraan mereka.


Selanjutnya, Penasihat Layanan yang baik memiliki komunikasi interpersonal yang luar biasa, memungkinkan mereka untuk berbicara dengan pelanggan yang memiliki tingkat pemahaman berbeda tentang layanan otomotif dan prosedur perbaikan. Penasihat Layanan yang baik juga perlu memiliki perhatian yang tajam terhadap detail untuk mempertahankan jadwal pemeliharaan yang diperbarui.


 


Kepada siapa Service Advisor melapor?

Service Advisor biasanya melapor ke Service Manager di dealer mobil atau bengkel otomotif. Orang-orang ini mempekerjakan dan mengawasi Penasihat Layanan dan personel lainnya. Mereka juga bertindak sebagai titik komunikasi untuk Penasihat Layanan yang membutuhkan bantuan untuk menjawab pertanyaan pelanggan yang rumit tentang opsi perbaikan dan pembayaran. Penasihat Layanan juga dapat melapor secara tidak langsung kepada Teknisi Layanan untuk memberi mereka informasi tentang kendaraan pelanggan untuk membantu diagnosis mereka.