BLANTERTOKOSIDEv102

Bagaimana Cara Menggunakan Pompa VSD di WaterGEMS dan waterCad

Bagaimana Cara Menggunakan Pompa VSD di WaterGEMS dan waterCad

Menggunakan Pompa VSD ( variable speed drive / pompa dengan Kecepatan Variabel ) di WaterGEMS dan watercad


Mari belajar tentang bagaimana Pompa VSD dimodelkan dalam WaterGEMS dan WaterCAD, serta bagaimana berbagai jenis pompa berkecepatan variabel beroperasi.


Kurva karakteristik untuk pompa adalah tetap untuk kecepatan motor tertentu dan diameter impeller. Namun, kurva karakteristik ini dapat ditentukan untuk setiap kecepatan dan diameter impeler apa pun dengan menerapkan hukum afinitas. Untuk pompa berkecepatan variabel, hukum afinitas ini disajikan sebagai:



dimana Q = Laju aliran pompa (m3/s, cfs), h = Head pompa (m, ft), dan n = Kecepatan pompa (rpm)

 

Penerapan hukum afinitas adalah bidang properti Faktor Kecepatan Relatif. Faktor kecepatan relatif adalah rasio kecepatan aktual pompa dengan beberapa kecepatan referensi. Biasanya, kecepatan referensi adalah kecepatan penuh motor. Misalnya, jika kecepatan pompa adalah 1558 rpm sedangkan motor adalah motor 1750-rpm, faktor kecepatan relatifnya adalah 0,89. Kecepatan relatif ini digunakan dengan hukum afinitas pompa untuk menyesuaikan kurva karakteristik kepala pompa untuk memodelkan pompa, sehingga memudahkan Anda untuk memodelkan perubahan kecepatan untuk kondisi tertentu, seperti aliran konstan atau head konstan.



Catatan: Jika Anda menggunakan kondisi steady state run pump dan Anda mengetahui faktor kecepatan relatif, kecepatan pompa berkecepatan variabel dapat diatur di properti pompa. Namun, jika kondisi yang mengontrol pompa tidak diketahui pada saat start atau EPS dijalankan, maka perilaku kecepatan variabel harus dijelaskan secara lebih rinci.



Jenis Pompa VSD

Ada beberapa jenis pompa VSD ( pompa berkecepatan variabel ) : Aliran Tetap, Kepala Target, dan Berbasis Pola. Untuk mengatur pompa sebagai pompa vsd, buka properti pompa dan atur “Apakah Pompa Berkecepatan Variabel?” untuk Benar. Saat Anda mengatur ini, bidang properti baru akan tersedia berdasarkan jenis pompa berkecepatan variabel yang Anda modelkan.



Setting pompa VSD  fixed flow ( Aliran Tetap )

Fixed Flow VSP akan menyesuaikan kurva pompa dengan mengubah faktor kecepatan relatif sehingga aliran tertentu dihasilkan oleh pompa. Setelah mengatur Jenis VSP ke “Fixed Flow”, Anda dapat memasukkan Flow (Target). Anda juga dapat menyesuaikan nilai faktor kecepatan relatif maksimum. Nilai 1,0 berarti kecepatan penuh.



Tidak mungkin mengubah nilai aliran target sebagai kontrol logis. 

Catatan : Kadang-kadang pompa VSP fixed flow ( aliran tetap ) memberikan lebih banyak aliran daripada yang ditentukan sebagai aliran (Target) di properti, dalam hal ini lihat tingkat hidraulik pompa vs. tingkat hidraulik elemen hilir.

 

Jika kadar hidrolik pada pompa lebih tinggi daripada kadar hidrolik di bagian hilir maka itu berarti pompa harus beroperasi pada laju aliran yang lebih tinggi karena aliran benar-benar dapat ditransfer secara gravitasi. Dalam banyak kasus, pompa mungkin menunjukkan operasi pada titik head nol atau mendekati titik head nol.


Setting pompa VSD Target Head di watergems

Jika Anda memerlukan pompa berkecepatan variabel untuk mencapai nilai target hidraulik atau nilai tekanan di beberapa titik dalam model, atur Jenis VSP ke “Target Head”. Ada beberapa bidang baru yang akan dihasilkan.

 


Pertama, Anda harus memilih node kontrol. Ini akan menjadi simpul yang terkait dengan nilai kepala target Anda. Node ini dapat berada di sisi debit atau hisap pompa. Ada bidang di mana Anda menunjukkan jika simpul kontrol berada di sisi hisap pompa. Tank dapat digunakan sebagai node kontrol; pompa akan mencoba mempertahankan ketinggian tertentu di dalam tangki jika tangki digunakan sebagai simpul kontrol. Untuk memilih ini, klik opsi Pilih. Ini akan membuka bilah alat Pilih sehingga Anda dapat memilih elemen.

 

Anda dapat memilih antara menggunakan grade atau tekanan hidraulik sebagai Tipe target head. Bergantung pada bidang mana yang Anda pilih, Anda kemudian akan memasukkan nilai tekanan atau nilai hidraulik target untuk node kontrol Anda. Anda juga dapat memasukkan faktor kecepatan relatif maksimum; nilai 1,0 adalah kecepatan penuh.

 

Dimungkinkan untuk menyesuaikan tekanan target atau tingkat hidraulik menggunakan kontrol. 

Dengan tipe VSP ini, pompa akan berusaha menyesuaikan kecepatannya untuk mempertahankan head target atau tekanan pada elemen target (atau level air konstan dalam tangki, menyesuaikan aliran masuk dengan aliran keluar, ketika tangki ditetapkan sebagai node kontrol. ).

 

Pastikan bahwa pompa memiliki pengaruh langsung terhadap tingkat hidraulik pada elemen target. Jika misalnya hal-hal lain yang terjadi di jaringan dapat mengganggu pengaruh pompa pada node target, atau jika node target berada di zona tekanan terpisah (misalnya tangki di antaranya), maka pompa mungkin tidak dapat memenuhi menargetkan HGL dan akan menghasilkan hasil yang tidak terduga.


Berbasis Pola ( pattern base )

Jika Anda mengetahui bagaimana faktor kecepatan relatif pompa akan berubah seiring waktu, Anda dapat menggunakan "Berbasis Pola" Tipe VSP. Anda akan dapat membuat pola yang akan menerapkan pengali pada faktor kecepatan relatif awal.

 


Untuk membuat pola, klik bidang Pola (Kecepatan Relatif) dan klik Edit. Anda juga dapat pergi ke View > Patterns. Di manajer Pola, klik kanan pada Pompa dan pilih Baru. Buat pola berdasarkan waktu. Ini akan menjadi pengali berdasarkan faktor kecepatan relatif awal dan bukan faktor kecepatan relatif itu sendiri.

 


Setelah pola dibuat, Anda akan melihatnya tersedia di menu tarik turun untuk bidang Pola (Kecepatan Relatif).


Produk Lainnya