BLANTERTOKOSIDEv102

Belajar Ilmu Material

Belajar Ilmu Material

 

Kenapa Kita harus mempelajari material teknik dan ilmu material ?? 

Banyak ilmuwan atau insinyur terapan, baik mekanik, sipil, kimia, atau listrik, pada suatu saat akan dihadapkan pada masalah desain yang melibatkan material. Contohnya mungkin termasuk gigi transmisi, infrastruktur untuk bangunan, komponen kilang minyak, atau chip sirkuit terpadu atau part otomotif

Tentu saja, ilmuwan dan insinyur material adalah spesialis yang sepenuhnya terlibat dalam penyelidikan dan desain material. Sering kali, masalah bahan adalah salah satu memilih bahan yang tepat dari ribuan yang tersedia. Keputusan akhir biasanya didasarkan pada beberapa kriteria.

Pertama-tama, kondisi in-service harus dicirikan, karena ini akan menentukan sifat yang dibutuhkan material. Hanya pada kesempatan langka material memiliki kombinasi sifat maksimum atau ideal. Dengan demikian, mungkin perlu untuk menukar satu karakteristik dengan karakteristik lainnya. Contoh klasik melibatkan kekuatan dan keuletan; biasanya, bahan yang memiliki kekuatan tinggi hanya akan memiliki keuletan yang terbatas. Dalam kasus seperti itu, kompromi yang wajar antara dua atau lebih properti mungkin diperlukan.

Pertimbangan pemilihan kedua adalah setiap penurunan sifat material yang mungkin terjadi selama operasi layanan. Misalnya, pengurangan kekuatan mekanik yang signifikan dapat terjadi akibat paparan suhu tinggi atau lingkungan korosif.

Akhirnya, mungkin pertimbangan utama adalah ekonomi: Berapa biaya produk jadi? Bahan dapat ditemukan yang memiliki set properti yang ideal tetapi sangat mahal. Di sini sekali lagi, beberapa kompromi tidak bisa dihindari.

Biaya barang jadi juga termasuk biaya yang dikeluarkan selama fabrikasi untuk menghasilkan bentuk yang diinginkan. Semakin akrab seorang insinyur atau ilmuwan dengan berbagai karakteristik dan hubungan struktur-properti, serta teknik pemrosesan bahan,
semakin mahir dan percaya diri dia dalam membuat pilihan bahan yang bijaksana berdasarkan kriteria ini.

Produk Lainnya