BLANTERTOKOSIDEv102

Cara Sederhana untuk Bebas Sampah dan Mengurangi Dampak Lingkungan Saat Mendaki

Cara Sederhana untuk Bebas Sampah dan Mengurangi Dampak Lingkungan Saat Mendaki

Cara Sederhana untuk Bebas Sampah dan Mengurangi Dampak Lingkungan Saat Mendaki

Hiking adalah cara yang bagus untuk bersantai, menyegarkan, dan melepaskan diri dari stres kehidupan sehari-hari. Namun, kita harus memastikan bahwa kita menikmati kegiatan ini tanpa mengorbankan alam.

Jadi, jika Anda berencana untuk pergi mendaki dalam waktu dekat, kami sarankan untuk tidak membuang sampah sembarangan untuk melindungi alam.

Tidak yakin bagaimana melakukannya? Berikut adalah beberapa ide:

Lakukan beberapa perencanaan untuk hiking tanpa limbah

Bahkan sebelum Anda pergi mendaki, Anda perlu merencanakan semuanya terlebih dahulu. Ini termasuk:

  • Lokasi jalan setapak
  • Waktu yang ingin Anda habiskan
  • Apakah Anda seorang pemula atau ahli?
  • Panjang lintasan
  • Cuaca
  • Jenis jejak

Mengetahui semua ini dapat membantu Anda menyiapkan makanan apa yang perlu Anda bawa, berapa banyak makanan yang Anda butuhkan, apa yang perlu Anda pakai, dan banyak lagi.

Ada banyak informasi yang selalu bisa Anda dapatkan dari internet. Jika ada peta yang tersedia, periksa apakah ada sumber air yang tersedia dan ancaman apa yang mungkin menghadang Anda.

Anda juga harus mempertimbangkan orang-orang yang datang bersama Anda. Jika Anda seorang pejalan kaki ahli, cobalah untuk berpikir jika Anda membawa beberapa pemula. Nilai tingkat kebugaran mereka dan pilih rute hiking yang cocok untuk mereka.

Beri tahu mereka tentang rencana Anda untuk memastikan bahwa semua orang siap.


Pilih opsi massal

Makanan adalah hal penting yang harus Anda bawa untuk hiking. Namun, Anda juga harus mempertimbangkan berapa hari Anda akan mendaki, berapa banyak orang dalam grup, dan seperti apa hari Anda nantinya.

Selalu cari makanan yang memberi Anda energi selama pendakian. Pilih karbohidrat dan protein yang sehat daripada makanan berlemak dan manis. Dan jika memungkinkan, pilih juga makanan yang ringan agar tetap nyaman dalam perjalanan.

Beberapa rekomendasi makanan yang bisa Anda bawa adalah trail mix, buah kering, dan energy bar. Jika Anda bermalam, maka Anda juga bisa membawa makanan beku. Dan jika Anda membawa banyak makanan, maka yang terbaik adalah membeli dalam jumlah besar sehingga Anda dapat lebih menghemat pengeluaran makanan.


Jangan gunakan kemasan plastik saat mendaki

Jika Anda ingin hiking ramah lingkungan, sebaiknya mulai dengan melepas semua kemasan plastik dari bagasi Anda. Ini bisa termasuk cling wrap dan botol plastik.

Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan bungkus makan siang yang dapat digunakan kembali, tas makan siang ritsleting, tas makan siang stainless steel, dan tas silikon yang dapat digunakan kembali untuk makan siang dan makanan ringan Anda. Untuk air, gunakan botol air yang dapat digunakan kembali sebagai pengganti botol plastik.


Bawa barang-barang yang dapat digunakan kembali di tas hiking Anda

Agar Anda tidak membawa banyak plastik, Anda dapat membeli barang-barang yang dapat digunakan kembali. Dengan cara ini, Anda hanya dapat membeli barang itu sekali, dan Anda dapat menggunakannya beberapa kali. Ini membantu Anda menghemat uang dalam jangka panjang dibandingkan dengan membeli barang sekali pakai.


Berikut adalah beberapa barang yang dapat digunakan kembali yang kami sarankan untuk Anda beli atau bawa:

  • Botol atau cangkir air yang dapat digunakan kembali
  • Sedotan yang dapat digunakan kembali
  • Wadah makanan silikon yang bisa dilipat
  • Selimut microfiber lipat (dapat berfungsi sebagai bantal, bantalan kursi, dan selimut Anda)
  • Tas yang dapat digunakan kembali (yang biasanya bisa Anda dapatkan dari bahan makanan)
  • Solar charger (untuk sumber listrik tanpa harus menggunakan listrik)
  • Barang-barang pribadi yang berkelanjutan

Jika Anda ingin melakukan ini untuk waktu yang lama, kami sarankan untuk membeli tongkat pendakian juga. Ini adalah investasi yang sangat baik dan akan banyak membantu Anda selama pendakian.

Selain itu, Anda mungkin juga ingin membawa filter air portabel.


Bawa perlengkapan mandi ramah lingkungan

Misalkan Anda berencana untuk mendaki selama beberapa hari atau semalam, lalu membawa perlengkapan mandi yang ramah lingkungan atau ramah lingkungan. Ini termasuk sikat gigi Anda, sabun Anda, tisu, kertas toilet, dan banyak lagi.

Untuk menimbang apa yang perlu Anda bawa untuk perjalanan Anda, pikirkan hal-hal yang Anda lakukan setiap hari. Ini termasuk mandi, menyikat gigi, buang air kecil, dan buang air besar. Untuk wanita, Anda bahkan perlu memikirkan kebersihan menstruasi (jika Anda memilikinya pada hari pendakian).

Selalu memilih untuk membeli produk biodegradable dan ramah lingkungan. Dengan begitu, Anda bisa membuangnya tanpa merusak lingkungan.


Buang sampah dengan benar

Berbicara tentang membuang sampah, jangan hanya membuang barang ke tanah hanya karena bersifat biodegradable. Selalu ada cara yang tepat untuk melakukan ini.

Mulailah dengan mengurangi sampah sebanyak mungkin. Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, jangan membawa kemasan plastik apa pun dan gunakan barang-barang yang dapat digunakan kembali. Untuk barang-barang pribadi, pastikan Anda membeli yang biodegradable.

Bawalah sampah atau kantong ziplock di mana Anda dapat meletakkan semua sampah Anda di dalamnya. Ini termasuk tisu, kertas toilet, pembalut, dll. Tutupi dengan selotip, sehingga Anda tidak melihat apa yang ada di dalamnya, dan tuangkan sedikit untuk menghilangkan baunya.

Untuk buang air besar dan kecil, pastikan Anda melakukannya di tempat yang jauh dari sumber air untuk memastikan kualitas air tetap sama. Jangan lakukan di dekat jalan setapak atau tempat perkemahan juga. Jika Anda diizinkan untuk menggali lubang, lakukanlah, tetapi ikuti aturan ini.


Tidak meninggalkan jejak di alam

Last but not least, jangan tinggalkan jejak.

Pernah mendengar kutipan, “Ambil hanya kenangan, jangan tinggalkan apapun selain jejak kaki”? Pastikan untuk mengingat hal ini.

Produk Lainnya