BLANTERTOKOSIDEv102

Penjelasan lengkap Tentang Komposit

Penjelasan lengkap Tentang Komposit

komposit komposit adalah

Silahkan Lihat Daftar isi dan klik langsung informasi yang ingin anda cari

Pengertian definisi Komposit

Jadi apa itu komposit ?

pengertian komposit menurut callister

Komposit adalah sebuah bahan multifase yang menunjukkan proporsi sifat yang signifikan dari gabungan dua atau lebih fase penyusun sehingga kombinasi properti yang lebih baik dapat direalisasikan. 

trus apa itu multifase ? apa itu fase ?

fase ( phase ) adalah bagian homogen dari suatu sistem yang memiliki karakteristik fisik dan kimia yang seragam.

Setiap bahan murni dianggap sebagai fase; begitu juga setiap larutan padat, cair, dan gas. 

Misalnya, 
air itu single fase
gula itu juga single fase
air dan gula jika diaduk sampai gulana menyatu itu juga single fase.

intinya bahan single fase adalah bahan yang hanya memiliki 1 struktur kimia dan 1 bentuk sifat fisik dalam satu kesatuan bahan. jadi air dan gula isa menyatu secara sempurna. 

lalu apa bahan multifase yang paling gampang untuk diketahui. 

beton itu adalah bahan multifase. dia memiliki satu kesatuan bahan. tetapi didalamnya terdapat semen dan pasir yang masih bisa dibedakan secara fisik dan memiliki struktur kimia. jadi didalam beton ada fase semen dan fase pasir yang tergabung secara merata tanpa terjadi penyatuan struktur atom kimia dan fisik. hanya saling mengikat satu sama lain. Jika lebih dari satu fase hadir dalam sistem tertentu, masing-masing akan memiliki sifat yang berbeda, dan ada batas yang memisahkan fase dalam bahan tersebut. Ketika dua fase hadir dalam suatu sistem, masing-masing struktur ini adalah fase terpisah karena karakteristik fisiknya berbeda. tetapi saling terikat dan membentuk sifat yang baru. 


Terkadang, sistem fase tunggal disebut homogen. Sistem yang terdiri dari dua atau lebih fase disebut multifase atau sistem heterogen. 


pengertian komposit menurut wikipedia

komposit  adalah sebuah bahan baru dari hasil rekayasa yang terbuat dari dua  buah bahan atau lebih. dimana sifat penyusun masing-masing bahan berbeda setiap satu sama lainnya , dari itu sifat kimia ataupun fisikanya dan akan tetap terpisah dalam hasil akhir bahan tersebut.

tag : 
komposit
komposit adalah
composite garnish adalah
komposit gigi
komposit resin
komposit band landsat 8
komposit adalah pdf
komposit artinya
komposit citra adalah
komposit band adalah
komposit warna asli adalah

Penjelasan Prinsip aksi penggabungan pada komposit

Menurut prinsip aksi gabungan ini, kombinasi properti yang lebih baik dibentuk oleh kombinasi dari dua atau lebih bahan yang berbeda. Pertukaran properti juga terjadi pada komposit.

Sejumlah komposit juga terjadi di alam. Misalnya, kayu terdiri dari serat selulosa yang kuat dan fleksibel yang dikelilingi dan diikat oleh bahan kaku yang disebut lignin. 

contoh lain adalah tulang. 
tulang adalah gabungan dari kolagen protein yang kuat namun lembut dan apatit mineral yang keras dan rapuh.

Tapi pada pembahasan ini. Komposit adalah bahan multifase yang dibuat secara buatan ( tidak alami ). Selain itu, bahan harus berbeda secara kimiawi dan dipisahkan oleh antarmuka yang berbeda.

komposit dianggap sebagai bahan multifase yang menunjukkan proporsi sifat yang signifikan dari sifat kedua fase penyusun sehingga kombinasi properti yang lebih baik dapat direalisasikan. 

Sejarah Komposit

komposit sudah ada dari jaman kuno masa lampau. tetapi belum ada istilah untuk teknologi itu. contohnya yaitu Rumah orang biasa di Kekaisaran suku Maya dibangun dari kayu dan jerami, yang sering dilapisi dengan lumpur panggang dan tanah liat sebagai penyekat tambahan. dan ini berada pada tahun 2600 SM

Rumah suku maya yang terbuat dari komposit kayu, jerami dan lumpur
Rumah suku maya yang terbuat dari komposit kayu, jerami dan lumpur.
sumber Leon Rafael / Shutterstock


Perkembangan dari material komposit tidak terbatas hanya pada material bangunan dan hal ini dapat dilihat pada abad pertengahan. Di Asia tengah, busur dibuat dari otot binatang, getah kayu dan benang sutera dengan bahan perekat sebagai pengikat. (Rosad 1998) 

Munculnya komposit sebagai klasifikasi material yang berbeda dimulai pada pertengahan abad ke-20, dengan pembuatan komposit multifase yang sengaja dirancang dan direkayasa seperti polimer yang diperkuat fiberglass. 

Meskipun bahan multifase, seperti kayu, batu bata yang terbuat dari tanah liat yang diperkuat jerami, kerang laut, dan bahkan paduan seperti baja telah dikenal selama ribuan tahun.

pengakuan konsep baru ini yang menggabungkan bahan yang berbeda selama pembuatan mengarah pada identifikasi komposit sebagai kelas baru yang terpisah dari logam, keramik, dan polimer yang sudah dikenal.

setelah itu peneliti menyadari bahwa konsep komposit multifase ini memberikan peluang yang menarik untuk merancang berbagai macam material dengan kombinasi properti yang tidak dapat dipenuhi oleh paduan logam konvensional monolitik, keramik, dan bahan polimer.

Bahan yang memiliki sifat khusus dan tidak biasa diperlukan untuk sejumlah aplikasi teknologi tinggi seperti yang ditemukan di industri dirgantara, bawah air, bioteknologi, dan transportasi. 

Misalnya, 

  • insinyur pesawat terbang semakin mencari material struktur yang memiliki kepadatan rendah; kuat, kaku, serta tahan abrasi dan benturan; dan tidak mudah menimbulkan korosi. Ini adalah kombinasi karakteristik yang cukup tangguh. 

Dalam merancang material komposit, para ilmuwan dan insinyur dengan cerdik menggabungkan berbagai logam, keramik, dan polimer untuk menghasilkan generasi baru material yang luar biasa. 

Kebanyakan komposit telah dibuat untuk meningkatkan kombinasi karakteristik mekanis seperti kekakuan, ketangguhan, dan kekuatan ambien dan suhu tinggi.

Banyak material komposit hanya terdiri dari dua fase; 
  1. satu disebut matriks, yang kontinu dan mengelilingi bahan lainnya. yang akan membuat bahan lainnya menjadi terikat menjadi satu kesatuan. 
  2. yang kedua di sebut fase dispersi. yaitu zat yang tersebar secara merata didalam matriks. biasanya di sebut filler atau penguat. 
Sifat komposit merupakan fungsi dari sifat fasa penyusunnya, jumlah relatifnya, dan geometri fasa terdispersinya. Geometri fase terdispersi dalam konteks ini berarti bentuk partikel dan ukuran partikel, distribusi, dan orientasi; karakteristik ini ditunjukkan pada Gambar berikut. 

geometri filler penguat pada komposit (sumber : callister 2008 )


Berikut adalah Jenis - jenis Komposit yang di klasifikasikan berdasarkan dari penguatnya.
 

Jenis Komposit adalah
Jenis Komposit berdasarkan penguat / filler / reinforce (sumber callister edisi 8 )

jenis - jenis komposit berdasarkan jenis penguatnya. 

1. Komposit yang Diperkuat Partikel

Komposit yang Diperkuat Partikel terbagi lagi menjadi dua jenis subklasifikasi yaitu komposit partikel besar dan komposit yang diperkuat dispersi adalah dua subklasifikasi komposit yang diperkuat partikel. 

Perbedaan antara keduanya didasarkan pada penguatan atau mekanisme penguatan. Istilah besar digunakan untuk menunjukkan bahwa interaksi partikel-matriks tidak dapat diperlakukan pada tingkat atom atau molekuler; melainkan, mekanika kontinum yang digunakan. 

Untuk sebagian besar komposit ini, fase partikulat lebih keras dan kaku daripada matriks. Partikel penguat ini cenderung menahan pergerakan fasa matriks di sekitar masing-masing partikel. Intinya, matriks mentransfer beberapa tegangan yang diterapkan ke partikel, yang menanggung sebagian kecil dari beban. Tingkat penguatan atau peningkatan perilaku mekanis bergantung pada ikatan yang kuat pada antarmuka partikel matriks.

Untuk komposit yang diperkuat dispersi, partikel biasanya jauh lebih kecil, dengan diameter antara 0,01 dan 0,1 mikrometer (10 dan 100 nm). Interaksi partikel-matriks yang mengarah pada penguatan terjadi pada tingkat atom atau molekuler. Mekanisme penguatan serupa dengan mekanisme pengerasan presipitasi yang dibahas dalam Bagian 11.9. Sedangkan matriks menanggung sebagian besar dari beban yang diterapkan, partikel kecil yang tersebar menghalangi atau menghalangi gerakan dislokasi. Dengan demikian, deformasi plastis dibatasi sedemikian rupa sehingga luluh dan kekuatan tarik, serta kekerasan, meningkat.


Produk Lainnya