BLANTERTOKOSIDEv102

panduan lengkap menanam cabe di dalam rumah

panduan lengkap menanam cabe di dalam rumah

 latar belakang

setiap dari kita pasti punya latar belakang tersendiri kenapa mau menanam cabe didalam rumah. 

ada banyak yang bisa saya tangkap dari sudut pandang saya. 

kalau dari saya sendiri memang karena saya suka dengan rasa pedas, dan terbukti meningkatkan nafsu makan saya dalam melahap makanan saya. 

setelah saya suka tentu saya semakin meminta istri saya untuk membuat sambel setiap dalam membuat makanan. 

lalu ternyata saya mendapat kabar bahwa harga cabe, terutama cabe rawit harganya sedang sangat mahal. ketika membeli dari tukang sayuran keliling. ada fakta bahwa dengan membeli cabe sebanyak 2000 hanya mendapat 8 buah cabe. itupun bukan cabe rawit atau lombok setan, hanya cabe biasa. 

mari kita cek kestabilan harga lombok dalam satu tahun ini.

dari sumber hargapangan.id berikut saya perlihatkan harga cabe rawit dalam satu tahun terakhir. 


terlihat dari grafik terjadi peningkatan dan dan penurunan yang sangat tinggi 

untuk daftar harga cabe rawit  ada di bawah ini.

di bulan januari dipastikan harga pasti sangat tinggi mungkin dikarenakan musim penghujan yang menyebabkan hasil dari pertanian sangat sedikit. jadi sesuai dengan prinsip ekonomi dimana ketika barang di pasar sedikit tetapi permintaan banyak maka harga akan melambung tinggi. 

ketika memasuki bulan ke 5 yaitu dimana sudah memasuki musim panas harga jadi normal. dan akan merangkak naik ketika memasuki bulan november puncak harga nya kembali terjadi di bulan januari/februari lagi. 

mari kita lihat lagi di google. apakah ada cara supaya ke stabilan ini bisa terjaga 

dari kata menteri perdagangan "Kami akan dorong petani gunakan teknologi untuk bisa tingkatkan produksi. Kemudian kami juga minta optimalkan perdagangan antar pulau daerah sentra surplus ke daera lain dengan upayakan BUMN, swasta maupun Bulog," ujar Rachmat Gobel, usai rapat koordinasi, Minggu (16/11/2014).

terus teknologinya itu apa, cari lagi hayuk

ternyata banyakkkk. hahahaha. mari 2 teknologi yang sangat keren yang saya sangat ingin melakukannya. tapi mempunyai banyak biaya investasi yang bagi saya saat ini lumayan besar. 

ada kesamaan dari 2 metode dibawah ini. yaitu indoor dan full control sistem. 

1. indoor tower rain drip hidroponik. sumpah ini keren banget.

2. vertical varming dengan film polimer

penjelasaanya nanti saja kalau saya lagi mood. 

oke karena sedang sangat ingin melakukan berkebun di rumah. maka mari cari yang sangat bisa dilakukan.

Metodologi

ada 3 batasan yang saya terapkan dalam keinginan saya. 

1. berkebun di rumah dengan hasil panen sebanyak mungkin sehingga bisa dijual.

2. tidak memakai listrik dalam melakukan berkebun dalam rumah ini. 

3. tanaman yang saya mau hanya cabai. 

setelah melakukan riset yang panjang dengan rebahan nonton youtube dan membaca beberapa jurnal pertanian. ada 2 sistem yang akan saya akan pasti lakukan. 

1. outdoor house farming using system guyurponik.

2. indoor house farming using system wicking hidroponik.

mari kita bahas metodenya


outdoor house farming using system guyurponik

sistem ini sebenarnya adalah sistem umum yang dipakai oleh semua toko tanaman di seantero pinggiran jalan aspal. tanam di media tanam, dirawat dengan disiram air rutin dan tidak lupa memberi nutrisi dan pestisida nabati. mari kita bahas detail dari mulai penyemaian. 

1. dapatkan benih cabai yang berkualitas. 

ada 2 cara mencari benih yang berkualitas.

  • cara pertama kamu ambil sendiri benih dari cabe yang ada di dapur rumahmu sendiri, masukan cabe segar kedalam air. lalu ambil cabe yang tenggelam sempurna. lalu ambil dan tiriskan. potong secara membujur. ambil biji cabe bagian tengah, karena itu merupakan biji paling berkualitas dari cabe tersebut
  • cara kedua adalah dengan membeli biji benih berkualitas dari toko benih. beli paling mahal, hehehe, tanya aja sama akangnya. beli paling bagus. karena kita cuma buat dirumah jadi beli satu pack benih pasti gak terlalu terasa perbedaan harganya. 

2. Menyemai benih cabe

Sudah dapat biji cabainya? Saatnya disemaikan dulu sebelum ditanam. Untuk menyemai biji cabe, butuh media seperti polybag, nampan plastik, gelas air mineral yang sudah dilubang.  Kalau sudah mendapatkan media semai, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Siapkan media semai, lalu masukkan tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 3:1 atau beli aja di mamang tukang jual tanaman paling harganya 10ribu satu sak nya. 
  • Letakkan media semai di tempat gelap yang terlindung dari cuaca dan sinar matahari selama seminggu;
  • Setelah media semai siap, rendam bibit cabe dalam air hangat selama 3 jam sebelum disemaikan;
  • Taburkan bibit cabe ke dalam media semai lalu tutup dengan tanah hingga berkedalaman 1 cm saja; kemudian
  • Tunggu hingga biji berkecambah. Jika sudah, barulah bibit cabe bisa dipaparkan pada sinar matahari.
3. Proses Menanam cabe

Setelah usia benih cabe kurang lebih 4 minggu, kamu bisa memindahkan bibit cabe ke tanah yang sudah diberi pupuk. 

Hati-hati saat memindahkan benih cabe dari media semai ke media tanam. Media tanam tersebut bisa lahan, vase, hingga polybag.
Kalau ingin menggunakan polybag sebagai media tanam, gunakan polybag berdiameter 30 cm. Selain polybag, ember bekas pun bisa dijadikan media tanam untuk menghemat pengeluaran. Pada media tanam, isi tanah, pupuk, dan sekam mentah atau sekam bakar dengan mengikuti perbandingan masing-masing 3:2:1


4. Proses perawatan cabe sampai selamanya. 
Setelah dipindah ke polibag besar ukuran 30 cm. dan umur sekitan 5 minggu lakukan pemotongan pucuk tanaman sejak dini (pluning) dan daun2 besar diarea bawah cara ini bertujuan agartunas tunas yang ada dibawah tumbuh dengan maksimal hingga dewasa sehingga menghasilkan buah yang lebat.  
lakukan penyiraman tanaman cabai dengan nutrisi AB mix sayuran daun kepekatan 1500 ppm. disiram per dua hari sekali sampai area media tanamnya basah semua. jadi bergantian tiap harinya. satu hari ini air nutrisi dan satu hari selanjtnya air baku biasa
ketika sudah berbunga ganti nutrisi dengan AB mix sayuran buahdengan kepekatan 1500 ppm .
setelah umur 3 bulan lakukan pemotongan pada daun tua besar di bagian bawah beserta tunas air yang bermunculan saat cabe mulai berbunga, cara ini bertujuan agar penyerapan nutrisi terfokus pada bunga sehingga menghasilkan buat cabai yang lebat. 
untuk pencegahan hama gunakan pestisida nabati berbahan bawang putih dan rendaman air tembakau. semprotkan seminggu sekali secara bergantiang. seminggu dengan pestisida nabati berbahan bawang putih dan minggu selanjutnya dengan pestisida nabati berbahan rendaman air tembakau. 

indoor house farming using system wicking hidroponik.

 kita lewati tahap menyiapkan benih dan penyemaian, karena sama dengan yang diatas. langsung ketahap memindahkan ke media tanam. 

siapkan media tanam  dan pot + Tandon nutrisi, dan growing light

Media tanam bisa anda dapatkan dengan mencampurkan arang sekam dan juga cocopeat atau serbuk dari serabut kelapa. Gunakan bahan ini dalam jumlah yang sama dengan tingkat perbandingan 1:1. Dan seperti yang telah dijelaskan bahwa teknik ini menggunakan sistem wick, maka anda juga perlu sumbu. Anda bisa menggunakan sumbu kompor atau kain lain seperti kain flanel. Namun sebagai rekomendasi, kami sarankan anda menggunakan kain flanel karena kain ini memiliki daya serap yang cukup tinggi sehingga dapat menyalurkan nutrisi ke media tanam dengan baik.

Kemudian selain media tanam, Anda juga perlu menyiapkan tandon atau wadah nutrisi beserta pot untuk tempat tanaman. Untuk pot dan tandon, anda bisa menggunakan barang-barang bekas seperti cup dan toples atau ember kecil. yang terpenting, ukuran tandon lebih besar dari ukuran pot. Buatlah lubang kecil-kecil pada bagian pinggir cup untuk sirkulasi udara dan juga bawah cup untuk tempat sumbu. Masukkan sumbu hingga menjulur ke bawah cup dan sedikit pada bagian dalam cup. Setelah itu, masukkan media tanam ke dalam cup.

tak lupa growing light. hidroponik indoor adalah penanaman hidroponik yang berada di dalam ruangan yang minim sinar matahari. Hal yang perlu diperhatikan dalam hidroponik indoor adalah pengaturan penyinaran tanaman dan nutrisi. Oleh karena itu untuk menjaga agar tanaman memperoleh cahaya yang cukup digunakanlah lampu growing lights. kelebihan growing light adalah tidak kenal musim. karena pada musim hujan tanaman bisa terkena penyakit Etiolasi atau biasa disebut dengan KUTILANG (kurus, tinggi, langsing) merupakan kondisi benih yang terlambat mendapatkan sinar matahari saat benih mulai pecah. Di saat musim hujan, proses pembenihan dapat dibantu dengan growing lamp sebagai pengganti sinar matahari. Jika terjadi etiolasi, sebaiknya dibuang saja dan buat semaian baru lagi. Karena jika dilanjutkan pun, pertumbuhannya tidak akan maksimal.Durasi penyinaran harus disesuaikan dengan kebutuhan tanaman terhadap cahaya. dalam menyalakan growing light cukup 8 jam sehari. 

Pemindahan bibit cabai yang berumur 4 minggu ke media tanam metode wick hidroponik

Masuk ke tahap penanaman, Anda bisa memindahkan bibit cabe jika telah memasuki usia sebulan setelah penyemaian. Pindahkan bibit dengan cara sedikit membasahi tanahnya lalu ambil bersama medianya agar tidak merusak akar. Setelah itu, bersihkan akar bibit dengan hati-hati. Selanjutnya, Anda bisa menanam bibit cabe tersebut secara langsung ke dalam media tanam yang telah dipersiapkan lalu sirami dengan air bersih secukupnya. selanjutnya, letakkan tanaman di tempat yang sejuk dan teduh lalu sirami media dengan air secukupnya jika tampak kering. Biarkan tanaman cabe selama sekitar seminggu.

tahap perawatan yang selanjutnya sama dengan metode outdoor tetapi bedanya tidak disiram dari atas, tetapi langsung di tuangkan ke tandon nutrisi. jadi tidak harus setiap hari di siram. hanya perlu di cek apakah air nutrisi nya sudah habis belum. biasanya seminggu sekali

Produk Lainnya