BLANTERTOKOSIDEv102

panduan detail Setting AP CLient Router dan AP Router

panduan detail Setting AP CLient Router dan AP Router

Cara Mengkonfigurasi Klien Router AP dan Router AP di TPLink ...

Pertama, kita harus mengenali port di TPLink, jika Anda menemukan titik akses dengan 4 port LAN, dan 1 port WAN, yang berarti bahwa titik akses bertindak sebagai router, yang berarti bahwa fungsi NAT termasuk dalam hal ini titik akses. Tersendiri. Perpanjangan terjemahan dari alamat jaringan adalah metode untuk menghubungkan lebih dari satu komputer Internet menggunakan alamat IP.

Jumlah penggunaan metode ini adalah karena ketersediaan alamat IP terbatas, kebutuhan akan keamanan (keamanan) dan kenyamanan dan fleksibilitas dalam administrasi jaringan. Sebuah jaringan besar dapat dibagi menjadi jaringan yang lebih kecil.

Setiap bagian kecil memiliki alamat IP, sehingga Anda dapat menambah atau mengurangi jumlah komputer tanpa mempengaruhi jaringan secara keseluruhan. Selain itu, Modern NAT Gateway adalah server DHCP yang dapat secara otomatis mengkonfigurasi komputer klien. Ini sangat bermanfaat bagi administrator jaringan karena untuk mengubah konfigurasi jaringan, administrator hanya perlu diubah pada komputer server dan perubahan ini akan terjadi pada semua komputer klien. Selain itu, Gateway NAT mampu membatasi akses ke Internet, Anda juga dapat mendaftarkan semua lalu lintas, dari dan ke Internet. Secara umum, dengan semua keuntungan dari gateway NAT, administrator jaringan akan sangat membantu untuk melaksanakan fungsinya.

Penjelasan tambahan periksa di sini

Berikut ini adalah konfigurasi RTRW-NET sebagai topologi di bawah ini:


TOPOLOGI RTRW-Net 

 Berikut Langkah-Langkahnya:
~ Masukkan kabel UTP Mode Straight ke Port LAN TP-Link

Port LAN

Keterangan:
-1. Port WIFI:

Ini adalah interface Wifi yang ada di TP-LINK,Port Wifi ini berfungsi sebagai penyambung ke client apabila Operation mode Tplink sebagai AP Router, tetapi jika operation Mode TP link sebagai AP Client Router maka port ini berfungsi sebagai WAN, berikut gambarannya :

 ISP-CLIENT


NAT-CLIENT


- 2. PORT WAN,
Port (Colokan RJ45 ada tulisannya WAN) ini berguna saat posisi TP-LINK menjadi AP Router misalnya seperti gambar di bawah ini :
 

 

PORT WAN-CLIENT
 




  NAT PORT-WAN

~ Port LAN,
Port ini berfungsi sebagai LAN,bisa disambung bersamaan dengan komputer dan laptop yang tersambung ke wifi seperti gambar di bawah ini:


Lalu,seperti apa Settingan-nya...

~ Setting Sebagai AP Client Router
 
 
1. Colokkan kabel dari komputer/laptop anda ke LAN TP-LINK.
2. Kosongin aja IP komputer alias obtained, karena pada deafult nya si TP-LINK
 ini mempunyai DHCP server jadi IP komputer bisa di kasih oleh TPLINK 192.168.1.1 dengan username admin dan password admin.
3. Buka konfigurasi TPLINK dengan cara di browser ketikkan di browser 192.168.1.1




4. Masuk ke menu Operation Mode pilih AP Client Router


5. Masuk ke menu Network> LAN kemudian ganti IP-nya sesuai dengan topologi di atas, contoh yaitu 10.10.10.1 jangan lupa di Save settingnya.

 


6. Aktifkan DHCP server nya klik menu DHCP > DHCP setting


7. Koneksikan wireless-nya, masuk ke menu Wireless>Site Survey kemudian pilih SSID (AP) yang di tembak klik tombol connect atau kalo pake antenna outdoor puter kanan dan kekiri untuk mendapatkan signal yang maksimal
 





8. Jangan lupa save setting
9. Selesai… Mudah Bukan?

Penjelasan:
Dari gambar topologinya sudah jelas sekali bahwa TPLINK mendapat satu IP dari modem ADSL, kemudian di NAT kan oleh TPLINK dan 4 port LAN TPLINK bisa di pakai untuk LAN




~ b. Setting Sebagai AP Router
 
Ada beberapa penerapan AP Router TPLINK yang bisa dipakai, seperti di jelaskan oleh gambar di bawah ini :




Dari gambar di atas Anda dapat melihat bahwa dari koneksi apa pun, masih tplink dapat bekerja sebagai router, konektor RJ 45 WAN pada sesuatu yang penting memiliki IP atau PPPoE penting dapat dikonfigurasi sebagai router AP
1. Hubungkan kabel Anda dari komputer / laptop Anda ke TP-Link LAN.
2. Cukup kosongkan IP komputer atau diperoleh, karena dalam keamanannya, TP-LINK memiliki server DHCP sehingga IP komputer dapat dikelola oleh tplink 192.168.1.1 dengan administrator administrator nama pengguna dan kata sandi
3. Buka tplink di ketik browser di browser 192.168.1.1.
4. Pilih menu mode operasi, beralih ke router AP


Beri nama SSID anda, masuk menu Wireless>Wireless Setting,isilah kolom SSID terserah kenginan anda, SSID ini nantinya akan diterima oleh Client yang “menembak” ke AP TPLINK ini


6. Pilih saluran seperlunya,
7. Dari Laptop atau Titik Akses Klien (Infrastruktur) SSID Anda mungkin muncul

itu adalah cara untuk setting AP Router


Produk Lainnya