Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pilkades Demak 2022

Tentang Pilkades Demak 2022

Dana Pilkades Demak 2022 senilai 1,4 Milyar


Dilansir dari kanal berita suara merdeka. Dengan artikel berjudul Lewat APBD, Pemkab Demak Alokasikan Dana Pilkades Rp 1,4 Miliar. Pemerintah Kabupaten Demak menyiapkan dana Rp 1,4 miliar untuk membantu menyukseskan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkade) serentak di 183 desa.


 Pesta demokrasi tingkat desa yang akan digelar pada 16 Oktober mendatang akan menjadi jalan bagi masyarakat untuk menentukan arah penyelenggaraan pemerintahan desa, menurut Bupati Demak, Dr. Eisti'anah.


Ia meminta agar masyarakat diberi kesempatan untuk menggunakan hak pilihnya.  Seperti Pilkades, persentase yang tinggi (antara 80 dan 90 persen) orang memberikan suara.



 Kita semua bersaudara, tambahnya, jadi walaupun keputusan kita berbeda, jangan sampai menimbulkan konflik.


Taufik Rifai, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinpermades) P2KB Kabupaten Demak, menyatakan akan mendasarkan pengajuan proposal dari panitia Pilkades terkait tata cara penyaluran bantuan dana Pilkades.



“Alokasinya dibagi dua karena hanya ada Rp 1,4 miliar yang tersedia untuk belanja. Dana Pilkades dialokasikan Rp 16 juta untuk desa dengan PAD kecil dan Rp 6,5 juta untuk desa dengan PAD besar” ujarnya.


 Mengingat keterbatasan dana, uang Pilkades tidak dibagikan berdasarkan jumlah DPT seperti pada Pilkades sebelumnya.

Sebenarnya, Pemkab Demak mengusulkan anggaran Rp 9,8 miliar untuk Pilkades serentak, dengan asumsi setiap DPT biaya totalnya sekitar Rp 13.000.

Namun, Rp. 1,4 miliar disetujui selama musyawarah legislatif.

 Ia mengatakan, "Pemkab sudah menginformasikan hal ini kepada DPRD agar ada tambahan anggaran melalui modifikasi anggaran."


Hasil Pilkades Demak 2022