BLANTERTOKOSIDEv102

Cara Membuat Website

Cara Membuat Website

 SELAMAT DATANG

Selamat datang !

Hari ini saya akan memandu Anda tetang bagaimana cara memulai website atau blog yang mampu menghasilkan pendapatan, dengan menyiapkan situs web dari platform Blogger.com. 

Apabila anda baru mengetahui tentang dunia website dan blog, akan ada banyak hal yang wajib dipelajari terlebih dahulu, tetapi saya tahu Anda akan berhasil.

Saya Sahal, Dan saya adalah Juga juga masih terus belajar untuk menjadi Ahli Strategi Monetisasi Konten web dan Pembuat Website Profesional - Blog . 

=>> Saya juga menjual blog niche siap pakai yang sudah dimonetisasi. Anda dapat melewati seluruh proses memulai sebuah website / blog dan hanya membeli dari saya.  Lihat daftar website dan blog saya jual

atau 

=>> lihat Juga Jasa saya : Jasa Pembuatan website dari 0 sampai bisa di cari lewat google . Tentu lebih murah karena website baru dibuat dan belum di monetisasi. Beli satu service ini tanpa harus melewati proses panjang membuat website / Blog dan tinggal mulai di kembangkan. 


Ini adalah cita - cita saya untuk membuat dan membagikan saran dan inspirasi yang mudah dipahami, dan memberikan inspirasi bagi wirausahawan baru yang sedang berkembang dan sedang membangun jalan digital marketing dan menciptakan bisnis yang menguntungkan.

Tutorial saya juga selalu memakai cara termurah dan tentunya dapat menghemat uang, karena saya berprinsip dengan modal sedikit dapat mendapatkan keuntungan yang banyak. 

saya akan memberikan informasi yang terbaik untuk mengembangkan website atau blog anda tentang cara dan alat terbaik dengan biaya rendah atau gratis.

ikutilah fanspage dan grub Facebook saya: Fanspage Sahal My Id

RENCANA PEMBELAJARAN DALAM MEMBUAT WEBSITE / BLOG YANG MENGHASILKAN

RANCANGAN PENGEMBANGAN WEBSITE / BLOG

1. Tentukan Niche 

2. Pembelian Hosting & Nama Domain

3. Daftar Blogger.com

4. Dashboard Blogger.com

5. Mengatur Tampilan Website Blog

6. Setting dan Validasi Website / blog Dengan Google & Setup Google Analytics

• Buat Halaman: ABOUT, PRIVACY/DISCLOSURE, CONTACT

• Pilih Template Untuk Tampilan

• Lakukan Penelitian Seo & Kata Kunci

• Tulis Postingan Yang Unik Dan Menarik

• Buat Minimal 6-10 Postingan Sebelum Anda Luncurkan

• Tambahkan Cta (Call To Action) Ke Setiap Postingan

• Tulis Artikel Yang Menarik, Gunakan Kata Kunci

• Buat Daftar Email Pengunjung Anda ( prioritas )

• Tempatkan Kotak Opt-In (Mail List Daftar) Di Semua Halaman / Header / Footer

• Buat Lead Magnet ( gratisan ) Sebagai pertimbangan Untuk Berlangganan

• Set Up Otomatisasi Untuk Email

• Set Up Akun Media Sosial

• Jadwal Pin Anda

• Jadwal Otomatis Postingan Media Sosial Anda

• Gabung dengan Banyak Grup Facebook

• Pelajari Pemasaran Pinterest

• Tingkatkan Brand AutoritybWebsite Anda

• Monetize Dengan Link Afiliasi

• Buat Produk Digital Anda Sendiri Untuk Dijual

 

Disclosure Afiliasi:
produk/alat yang kami gunakan menggunakan tautan afiliasi.


1. PILIH NICHE

Niche adalah topik utama pembahasan dalam website blog. jadi untuk selanjutnya saya akan menggunakan istilah niche.

Pilih Niche ( Topik Utama ) Anda dengan Hati-hati, tapi ini hanya berlaku bagi kalian yang mencari pendapatan dari iklan dan afiliasi. jika tujuan anda sebagai website profesional penyedia layanan jasa penjualan produk maka tak perlu bingung, pilihlah tema bahasan sekitar produk atau jasa kalian dan langsung ke kursus materi ke 2.

Bisanaya Niche terbaik bagi seseorang adalah sesuatu yang ada di sekitar bidang keahlian Anda. baik untuk tujuan SEO, maupun untuk mengembangkan Brand Anda.

Tetapi penting juga untuk memiliki niche yang ditentukan dalam hal menghasilkan uang dari blog Anda.

Terkadang niche blog yang terfokus pada hal yang lebih sempit bisa lebih menguntungkan karena lebih mudah untuk dioptimalkan dan jika ada produk afiliasi yang ditargetkan tersedia.

Memiliki niche tertentu juga akan memudahkan Anda untuk mengembangkan dan memonetisasi daftar email Anda.

Ketika Anda memiliki audiens niche yang ditargetkan membaca email Anda, Anda tahu apa yang mereka sukai, dan Anda dapat menjual produk tertentu kepada mereka, berulang-ulang.

Tips untuk para blogger pemula : 
Jika Anda terlalu umum dalam apa yang Anda tulis, Anda akan memiliki khalayak umum, dan akan lebih sulit untuk menjual produk kepada mereka.

Umumnya, yang terbaik adalah merencanakan topik yang luas dan mengoptimalkan sub-topik kecil di dalam blog.


2. Pembelian Hosting & Nama Domain

Dalam pembuatan website dibutuhkan Hosting dan Domain. 

Jadi apa itu Hosting dan Domain ??

Pengertian Hosting 

Hosting atau web hosting adalah tempat untuk menyimpan semua file dan data website sehingga dapat diakses oleh banyak orang melalui internet. File dan data website tersebut bisa berupa video, gambar, email, script, aplikasi, dan database. 

Tanpa adanya hosting, tentu saja Anda tak bisa membuat website.  Itulah kenapa, Anda perlu menyewa hosting terlebih dulu untuk membuat website. 

Ibaratnya hendak membangun rumah. Kalau Anda ingin membangun rumah yang besar, luas tanahnya harus semakin besar, bukan? Sama seperti website, kalau ingin membangun yang kapasitas dan performanya tinggi, Anda butuh hosting yang sumber dayanya besar. 

Sumber : Niagahoster.com

Tetapi kalau saya memakai platform blogger.com kita tidak perlu membeli hosting. karena sudah disediakan gratis oleh google service. maka tentunya lebih murah dan aman. tetapi kita harus mematuhi aturan dari blogger.com perihal konten dari web blog kita. 

aturan dari blogger terkait aturan larangan konten ( sumber blogger.com )
  1. Jangan gunakan Blogger sebagai cara untuk menghasilkan uang dari konten dewasa. Misalnya, jangan membuat blog yang berisi iklan atau tautan ke situs porno.
  2. Pelecehan dan Eksploitasi Seksual Anak: Jangan membuat, mengunggah, atau mendistribusikan konten yang mengeksploitasi atau melecehkan anak-anak. 
  3. Aktivitas Berbahaya dan Ilegal: Jangan gunakan produk ini untuk terlibat dalam aktivitas ilegal atau untuk mempromosikan aktivitas, barang, jasa, atau informasi yang menyebabkan bahaya serius dan langsung pada manusia atau hewan.
  4. Pelecehan, Penindasan, dan Ancaman: Jangan melecehkan, menggertak, atau mengancam orang lain.
  5. Ujaran Kebencian: Jangan terlibat dalam ujaran kebencian.
  6. Peniruan Identitas dan Penyajian Identitas yang Salah: Jangan meniru identitas seseorang atau organisasi atau menggambarkan diri Anda secara keliru.
  7. Malware dan Konten Berbahaya Serupa: Jangan mengirimkan malware atau konten apa pun yang membahayakan atau mengganggu pengoperasian jaringan, server, perangkat pengguna akhir, atau infrastruktur lainnya.
  8. Konten Menyesatkan: Jangan mendistribusikan konten yang menipu, menyesatkan, atau membingungkan pengguna.
  9. Non-Consensual Explicit Imagery (NCEI): Jangan menyimpan atau mendistribusikan gambar atau video pribadi telanjang, seksual eksplisit, atau non-eksplisit intim dan seksual tanpa persetujuan subjek
  10. Informasi Pribadi dan Rahasia: Jangan menyimpan atau mendistribusikan informasi pribadi atau rahasia orang lain tanpa izin.
  11. Phishing: Jangan gunakan produk ini untuk phishing.
  12. Barang dan Layanan yang Diatur: Jangan menjual, mengiklankan, atau memfasilitasi penjualan barang dan layanan yang diatur. Barang dan jasa yang diatur termasuk alkohol, perjudian, obat-obatan, suplemen yang tidak disetujui, tembakau, kembang api, senjata, atau alat kesehatan/medis.
  13. Spam: Jangan spam. Ini mungkin termasuk konten promosi atau komersial yang tidak diinginkan,
  14. Aktivitas Teroris: Organisasi teroris tidak diizinkan menggunakan produk ini untuk tujuan apa pun, termasuk perekrutan.
  15. Gambar Anak Di Bawah Umur yang Tidak Sah: Jangan menyimpan atau mendistribusikan gambar anak di bawah umur tanpa persetujuan eksplisit dari orang tua, wali, atau perwakilan hukum anak tersebut.
  16. Violence and Gore: Jangan menyimpan atau mendistribusikan konten kekerasan atau berdarah yang melibatkan orang atau hewan di kehidupan nyata yang terutama dimaksudkan untuk mengejutkan, sensasional, atau serampangan.
  17. Hak Cipta: Merupakan kebijakan kami untuk menanggapi pemberitahuan yang jelas tentang dugaan pelanggaran hak cipta.

Pengertian Domain

dikutip dari wikipedia ; Nama domain adalah nama unik yang diberikan untuk identifikasi nama server komputer seperti server web internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat situs web.

Trus Bagaimana kita mendapatkan nama domain untuk Situs Website Kita. 
Cara nya dengan membeli di penyedia layanan penjualan domain dan hosting. 
daftar penyedia layanan domain dan hosting di indonesia
1. www.niagahoster.co.id
2. jagoweb.com
3. www.hostinger.co.id
4. www.domainesia.com
5. www.rumahweb.com

dan masih banyak lagi

cara membeli domain 

1. Periksa Ketersediaan Domain
Tentukan nama apa yang mau di pakai di website. lalu cek ketersediaan di penyedia layanan. 

2. Mendaftarkan Nama Domain
lalu proses selanjutnya sesuai petunjuk dari layanan penjual domain. dan lanjutkan sampai proses checkout dan bayar.

3. Pasang Ke Website
untuk akan saya jelaskan sekalian di bagian setting website.



Mulai Membuat Website di Blogger.com

3. Daftar Blogger.com

Apa itu blogger.com ? 

Blogger (domainnya: blogger.com) adalah salah satu platform penyedia layanan untuk menerbitkan sebuah blog. Platform ini dimiliki oleh Google jadi sudah terjamin keamanannya, karena berada di bawah naungan server google itu sendiri. 

fitur blogger untuk mengelola aktivitas blogging sangat simple dan mudah dipahami. kamu akan memiliki kemudahan untuk membuat blog secara gratis.

Sekarang kita mulai membuat web dengan platform blogger.com langkahnya sebagai berikut. 

Masuk ke Blogger. 
Pertama kita harus membuat akun. Caranya mudah, kamu hanya perlu akun Google sama seperti ketika memiliki smartphone baru, an kita bisa memakai email yang sama dengan demail yang kita pakai di smartphone untuk masuk ke blogger.com.

Akun Google bisa digunakan untuk mengakses semua fasilitas yang di sediakan oleh Blogger. 

Membuat Blog
Setelah login ke blogger.com, Cari kata create a new blog atau buat blog baru.

lalu masukkan nama blog yang anda inginkan. lalu klik berikutnya. 

ketika pertama membuat blog kita sudah memiliki website dengan hosting dan domain gratis dari google, tetapi nama domain nya memiliki bubuhan .blogspot.com. 

nanti kita ganti pakai domain yang sudah kita beli nanti di bagian setting.

Lalu klik Simpan.

Done, Langkah pertama berhasil. pondasi website anda sudah jadi.

4. Dashboard Blogger.com


ini merupakan tampilan dari dashboard dari blogger.com. 

Membuat Postingan atau Halaman

Lalu kamu coba membuat postingan. dengan mengeklik "+New post."




Mirip seperti microsoft word cuma dengan tool lebih simple. 
Ada pengaturan jenis font, ukuran font, warna font, tata letak dan lainnya untuk menata tulisan kamu di popstingan. 

Kamu juga bisa memasukan gambar dan juga video pada postingan.

lalu klik simpan. 

buatlah 2 atau 3 postingan dulu. buat aja sembarangan. ini hanya untuk melihat bagaimana cara kerja dari website kita dulu. 

lalu klik "view blog" atau "lihat blog" . itu untuk melihat bagaimaa tampilan blog atau web milik kamu.



5. Mengatur Tampilan Website Blog


Untuk Mengatur tampilan blog pada Blogger dilakukan pada menu  tema atau Theme pada Dashboard blog. 

Pilih 'Tema' di sisi kiri laman. lalu diklik, 

blogger.com akan menunjukkan tema yang sedang digunakan pada blog kamu. 

Blogger.com Sudah menyediaan tema blog gratis tanpa harus beliUntuk menggantinya, kamu bisa scroll ke bawah laman tersebut jika kamu ingin mengganti tema dari template yang sudah disediakan Blogger.


Tetapi Menurut kebanyakan orang, Tema yang disediakan Blogger terkesan jadul, tidak kekinian dan tidak tampak profesional. Jadi Kamu Bisa Mencari Tema template gratisan di google dengan keyword template blogspot premium gratis

Atau kamu bisa beli Tema Template Premium yang memiliki support dan Update terbaru dari penjualnya. cari saja di google dengan keyword template blogspot premium. atau cari template tema Blogger di btemplates, templateclue, soratemplates dan lainnya yang bisa kamu cari di Google.

Setelah Memiliki template theme / tema yang sesuai seleramu, kamu perlu menginstal tema tersebut di Blogger.com . File template blogspot tema / theme yang diunduh biasanya akan memiliki format XML, 

Cara meng-install template Tema blogspot yaitu dengan klik ‘Theme’ atau 'Tema' di sisi kiri laman. lalu, Dashboard Blogger akan menampilkan tema yang sedang dipakai oleh blog milikmu. 

Klik pada tanda panah ke bawah di sisi kanan tombol ‘Customize’ atau 'sesuaikan' kemudian pilih ‘Restore’ atau 'pulihkan' lalu pilih ‘Upload’.


Lalu Cari file tema template yang sudah kamu miliki tadi, Lalu pilih ‘Open’ atau 'Buka'. Tunggu Sebentar sampai instal selesai.

setelah berhasil lalu kita bisa melihat tampilan blog dengan klik ‘View your blog’. atau 'lihat blog'

Selesai deh proses setting tampilan Website dan blog nya. 


Produk Lainnya