BLANTERTOKOSIDEv102

Apa Saja Persiapan Mendaki Gunung

Apa Saja Persiapan Mendaki Gunung

Mendaki Gunung

Cara Mempersiapkan Pendakian Gunung

Bahkan untuk pendakian di gunung yang pendek, tidak cukup hanya dengan membawa perlengkapan saja.

Bagi mereka yang mempertimbangkan untuk mendaki gunung, bahkan untuk petualangan singkat, tidak cukup hanya dengan membawa perlengkapan dan buku panduan saja. Anda juga harus siap secara fisik untuk menempuh jalur, karena tidak ada jalur yang cepat di gunung.

Jadi, jika Anda berencana untuk mencapai puncak, Anda pasti ingin menghabiskan jumlah waktu dan energi yang tepat untuk menyiapkan sistem fisik tubuh Anda agar sampai kembali ke rumah dengan aman. Dengan mengingat hal itu, mari kita lihat beberapa jenis latihan yang harus ada dalam rejimen latihan Anda, sehingga tubuh Anda tidak akan membebani Anda saat Anda berada pada kondisi ekstrem yang ada di puncak gunung. .

1. Membangun Kekuatan Tubuh

Mendaki gunung tidak membutuhkan keterampilan angkat beban, tetapi tetap saja butuh pondasi kekuatan yang dibutuhkan. Lagi pula, Anda tidak hanya mengangkut tubuh Anda sajja, Anda juga mungkin membawa ransel besar di punggung Anda dan tubuh Anda harus dapat bergerak secara vertikal dengan beban ekstra itu.

Latihan beban adalah tempat yang bagus untuk memulai jika Anda belum fit, termasuk latihan seperti push-up, pull-up, dips, squat, dan lunges. Setelah tubuh Anda merasa nyaman dengan latihan-latihan itu, inilah saatnya untuk menambah beban ekstra, melalui rompi berbobot atau ransel yang dimuat di punggung Anda. Selain itu, masuk ke gym untuk beberapa latihan beban akan memberi tubuh Anda kekuatan yang dibutuhkan untuk naik (dan turun) gunung itu. Beberapa latihan kekuatan yang disarankan untuk mendaki gunung adalah dead lift, front squat, bench press, power clean, dan military press.

Tetapi latihan beban saja tidak akan merepresentasi kondisi aktual digunung dengan sempurna, jadi meniru beberapa kondisi dunia nyata adalah suatu keharusan. Berlatih dengan pakaian, sepatu bot, dan perlengkapan pendakian gunung Anda, termasuk paket yang dimuat itu, akan membantu Anda membangun kekuatan Anda untuk dapat mendaki gunung dengan sempurna


2. Meningkatkan Stamina Tubuh

Sebagian besar dari kita tidak akan 'mencapai puncak' dalam satu atau dua jam, jadi meningkatkan stamina Anda adalah bagian besar dari pelatihan untuk mendaki gunung. Mampu terus bergerak dan waspada, selama berjam-jam, adalah keterampilan utama bagi pendaki gunung. Regimen latihan mendaki gunung apa pun harus mencakup latihan ketahanan aerobik dan ketahanan anaerobik, yang akan mencakup gerakan terus menerus dan latihan interval intensitas tinggi.

Beberapa metode yang mudah diakses untuk meningkatkan stamina aerobik mungkin termasuk berlari, bersepeda jarak jauh, dan kelas aerobik yang jelas dalam berbagai rasa (seperti yang ditawarkan di gym di seluruh Amerika). Untuk meningkatkan daya tahan anaerobik, rutinitas latihan harus mencakup latihan interval dosis reguler, seperti Fartlek atau pelatihan interval intensitas tinggi (HIIT).

Karena mendaki gunung bergantung pada menggerakkan tubuh Anda ke atas, aktivitas seperti memanjat tangga (dengan ransel) dan mendaki medan yang curam sangat bagus untuk melatih bagian tubuh bagian bawah yang akan menanggung beban terberat saat Anda benar-benar berada di gunung.


3. Pelatihan Jalur Menanjak

Mendaki gunung tidak seperti kebanyakan olahraga petualangan lainnya, bahkan terlepas dari faktor risiko yang terlibat. Tentu, persyaratan kebugaran agak mirip dengan aktivitas lain (seperti kekuatan dan stamina), tetapi dengan mendaki gunung, semakin tinggi Anda, semakin keras tubuh Anda harus bekerja.

Sayangnya, satu-satunya cara agar sebagian besar penggunaan dapat meningkatkan efisiensi kita di ketinggian adalah dengan benar-benar berlatih di ketinggian, yang mungkin bukan pilihan yang mudah. Selain itu, dibutuhkan waktu berhari-hari bagi tubuh untuk menyesuaikan diri dengan ketinggian, jadi tidak cukup hanya pergi ke bukit dan mulai berlatih. Tapi kabar baiknya adalah bahwa untuk durasi pendakian yang lebih pendek, efisiensi tubuh Anda dapat ditingkatkan melalui latihan stamina Anda, dan tubuh yang menggunakan oksigen lebih efisien cenderung lebih baik di ketinggian.


4. Mendaki, mendaki, mendaki.

Bahkan dengan persiapan pelatihan fisik terbaik, ujian sebenarnya adalah ketika sepatu bot bertemu dengan batu di jalur tanjakan, dan salah satu cara terbaik untuk berlatih adalah dengan mendaki gunung itu sendiri.

Produk Lainnya