BLANTERTOKOSIDEv102

Donor darah di bus donor darah semarang

Donor darah di bus donor darah semarang

Silahkan Lihat Daftar isi dan klik langsung informasi yang ingin anda cari

Jadi ketika ke semarang pada tanggal 16 september saya melihat bus donor darah, dan teringat sudah lama banget tidak donor darah. dulu ketika saya masih kuliah hampir rutin 6 bulan sekali donor darah atas dasar pengen bubur, jajan dan susu yang dibagikan jika kita donor darah, hahahaa.tapi sekarang setelah hampir 2 tahun tidak donor darah saya kembali melihat bus donor darah, dan kenapa tidak ?



Semua orang pasti tau apa itu donor darah, dan tetapi banyak yang gak mau, gak mau tau, gak ngerti dan gak paham tentang apa sih donor darah ?

Apa itu Donor darah ?

Donor darah adalah suatu proses untuk mengambil darah manusia, dengan sukarela yang ditujukan sebagai amal untuk diberikan kepada yang membutuhkan. Yang nantinya darah itu akan di proses oleh bank darah PMI sebagai stok darah yang nantinya akan di pakai dalam proses penyembuhan untuk transfuse darah.

Apa Manfaat Donor darah pagi pendonor ?

Meningkatkan Produksi Sel Darah,

karena setelah donor darah, pasti sel darah merah berkurang. Jadi sumsum tulang belakang akan melakukan proses membuat sel darah merah yang baru untuk memenuhi kebutuhan sel darah merah bagi tubuh. Dan proses ini membutuhkan waktu beberapa hari. Jadi jika anda donor darah secara teratur nantinya tubuh kita akan memiliki darah yang segar selalu.


Panjang Umur

Donor darah juga bisa memperpanjang usia. Karena donor darah dapat mengurangi tingkat stress dan menghilangkan perasaan negative.


Menjaga Kesehatan Jantung

Donor darah dapat memperlancar aliran darah. Dan dapat mencegah penyumbatan darah pada arteri. Menurut penelitiian donor darah dapat menurunkan resiko penyakit jantung sampai 88%. Selaintu itu juga mengurangi resiko terkena stroke dan kanker. Dan membuat kadar zat besi tang terkandung dalam darat menadi stabil


Berapa banyak darah yang diambil pada proses donor darah ?

darah yang diambil pada proses donor darah adalah sekitar 0,5 L. Untuk Donor darah lainnya, seperti trombosit atau plasma, jumlah yang dikumpulkan tergantung pada tinggi badan, berat badan, dan jumlah trombosit Anda.


Apakah Setiap Kali Donor darah, Histori donor kita apakah tercatat online ?

Tidak. Saya tidak tau di kota lain mungkin tercatat. Saya awalnya donor selalu di semarang, ketika saya mau donor darah di demak ternyata data donor saya yang seblumnya tidak tercatat secara online karena para PMI tidak memiliki server yang sama dalam penyimpanan data pendonor darah.


Apakah jika flu, apakah boleh donor darah ?

tergantung hasil dari pengecekan petugas donor darah, karena sebelum tes kita akan di tes darah, tensi, dan mengisi kuisiuner.


Apakah saya masih bisa mendonor jika saya memiliki tekanan darah tinggi?

Ya, jika tekanan darah Anda berada dalam batas yang ditetapkan oleh aturan donor darah, nanti juga di cek tensi darah kita.


Bagaimana jika saya mengonsumsi aspirin atau obat yang diresepkan oleh dokter?

Pusat donor darah Anda dapat menjawab pertanyaan Anda dengan baik. Kami menyarankan Anda menghubungi pusat donor darah sebelumnya untuk menanyakan tentang obat apa pun yang Anda pakai. Aspirin dan ibuprofen tidak akan mempengaruhi donor darah. Namun, produk trombosit apheresis dapat terpengaruh jika aspirin atau produk aspirin diminum 48 jam sebelum donasi. Banyak obat lain dapat diterima.


Berapa lama proses donasi yang sebenarnya?

Donor darah hanya memakan waktu sekitar 5-10 menit. Yang lama proses antri dan pengecekan kondisi anda.


Di mana saja saya bisa melakukan donor darah ?

Ada banyak tempat di mana donor darah dapat dilakukan. Yang pasti semua cabang PMI bisa melayani proses donor darah,

Dan juga bus donor darah yang selalu keliling, tapi tiap hari tempat letak bus donor darah, tanya saja langsung ke pihak terkait.


Apa itu apheresis?

Apheresis, prosedur yang semakin umum, adalah proses mengeluarkan komponen tertentu dari darah, seperti trombosit, sel darah merah, plasma (bagian cair dari darah) atau granulosit (sel darah putih) dan mengembalikan komponen yang tersisa ke donor.

Prosedur donasi apheresis memakan waktu lebih lama daripada donor darah utuh. Donor darah utuh membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk mengumpulkan darah dibandingkan dengan donasi apheresis yang mungkin memakan waktu sekitar satu hingga dua jam, tergantung pada komponen darah yang disumbangkan.

 

Apa yang dapat Anda lakukan jika Anda tidak memenuhi syarat untuk donor darah ?

Sementara individu tertentu mungkin tidak dapat donor darah, anda mungkin dapat merekrut donor yang sesuai. Bank darah selalu membutuhkan relawan untuk membantu pengambilan darah atau mengorganisir donor darah keliling.

Apa yang akan di lakukan pada darah yang sudah di donor kan?
Setelah darah diambil, itu diuji untuk golongan ABO (golongan darah) dan tipe Rh (positif atau negatif), serta untuk antibodi sel darah merah yang tidak terduga yang dapat menyebabkan masalah bagi penerima transfusi. Darah juga

diperiksa untuk:
virus hepatitis B
virus hepatitis C
HIV-1 dan HIV-2
HTLV-I dan HTLV-II
Sipilis
Virus Nil Barat

Apakah darah yang disumbangkan tetap berada di rak tanpa batas waktu sampai digunakan?

Tidak. Setiap unit darah utuh dipisahkan menjadi beberapa komponen. Sel darah merah dapat disimpan di bawah pendingin selama maksimal 42 hari, atau dibekukan hingga 10 tahun. Trombosit disimpan pada suhu kamar dan dapat disimpan selama maksimal lima sampai tujuh hari. Plasma beku segar disimpan dalam keadaan beku yang disimpan hingga satu tahun. AHF kriopresipitasi disimpan dalam keadaan beku hingga satu tahun. Granulosit harus ditransfusikan dalam waktu 24 jam setelah donasi.


Apakah ada yang namanya darah buatan?

Para ilmuwan belum menemukan pengganti yang sukses untuk darah manusia. Inilah sebabnya mengapa donor darah sangat penting bagi kehidupan mereka yang membutuhkan darah.


Siapa yang butuh darah?

Kebutuhan akan darah sangat besar. Apalagi pada era pandemic covid ini banyak acara social donor darah yang tidak bisa dilakukan

Apa golongan darah yang paling umum pada donor darah ?

Perkiraan distribusi golongan darah dalam populasi donor darah adalah sebagai berikut.
O Rh-positif
O Rh-negatif
A Rh-positif
A Rh-negatif
B Rh-positif
B Rh-negatif
AB Rh-positif
AB Rh-negatif


Dalam keadaan d
arurat, siapa pun dapat menerima sel darah merah tipe O. Oleh karena itu, orang dengan golongan darah O dikenal sebagai "donor universal". Selain itu, individu dari semua jenis dapat menerima plasma tipe AB.


Padahal para pendonor memberikan tanpa imbalan, tapi kenapa ketika sampai ke pasien malah ada biaya yang harus dibayar ?

Meskipun darah yang disumbangkan gratis, ada biaya signifikan yang terkait dengan pengumpulan, pengujian, penyiapan komponen, pelabelan, penyimpanan, dan pengiriman darah; merekrut dan mendidik donor; dan jaminan kualitas. Akibatnya, biaya pemrosesan dibebankan untuk memulihkan biaya. Biaya pemrosesan untuk komponen darah individu sangat bervariasi. Biaya pemrosesan untuk satu komponen tertentu juga dapat bervariasi di wilayah geografis yang berbeda. Rumah sakit mengenakan biaya untuk tes tambahan yang mungkin diperlukan, seperti crossmatch, serta untuk administrasi darah.


 

Produk Lainnya