BLANTERTOKOSIDEv102

bagaimana Kadal tokek dan cicak Bisa menempel Di dinding

bagaimana Kadal tokek dan cicak Bisa menempel Di dinding

Foto di bagian bawah halaman ini adalah tokek.

Tokek, kadal tropis yang tidak berbahaya, adalah hewan yang sangat menarik dan luar biasa. Mereka memiliki kaki yang sangat lengket (salah satunya ditunjukkan pada foto kiri tengah) yang menempel pada hampir semua permukaan. Karakteristik ini memungkinkan mereka untuk dengan cepat berlari ke dinding vertikal dan di sepanjang bagian bawah permukaan horizontal. Faktanya, tokek dapat menopang massa tubuhnya dengan satu jari!

Rahasia kemampuan luar biasa ini adalah adanya sejumlah besar rambut mikroskopis kecil di setiap bantalan jari kaki mereka. Ketika rambut-rambut ini bersentuhan dengan suatu permukaan, gaya tarik-menarik yang lemah (yaitu gaya van der Waals) terbentuk antara molekul-molekul rambut dan molekul-molekul di permukaan. 

Fakta bahwa bulu-bulu ini sangat kecil dan sangat banyak menjelaskan mengapa tokek mencengkeram permukaan begitu erat. Untuk melepaskan cengkeramannya, tokek hanya menggulung jari-jari kakinya dan mengupas bulu-bulu dari permukaan. Menggunakan pengetahuan mereka tentang mekanisme adhesi ini, para ilmuwan telah mengembangkan beberapa perekat sintetis yang sangat kuat. Salah satunya adalah pita perekat (ditunjukkan pada foto kiri atas), yang merupakan alat yang sangat menjanjikan untuk digunakan dalam prosedur bedah sebagai pengganti jahitan dan staples untuk menutup luka dan sayatan. Bahan ini mempertahankan sifat perekatnya di lingkungan basah, biodegradable, dan tidak melepaskan zat beracun karena larut selama proses penyembuhan. Fitur mikroskopis pita perekat ini ditunjukkan pada foto tengah atas. 

sumber gambar : Pita perekat: Atas perkenan Jeffrey Karp; Kaki tokek: Emanuele Biggi/Getty Images, Inc.; Gecko: Barbara Peacock/Photodisc/Getty Images, Inc.

Produk Lainnya