BLANTERTOKOSIDEv102

Bagaimana Ilmu Material Bahan Menjadi Penanda Kemajuan Teknologi modern

Bagaimana Ilmu Material Bahan Menjadi Penanda Kemajuan Teknologi modern


Sejarah Ilmu Material Bahan

Material Bahan mungkin lebih tertanam dalam budaya kita daripada yang disadari kebanyakan dari kita. hampir setiap segmen kehidupan kita sehari-hari dipengaruhi oleh material bahan. 

Secara historis, perkembangan dan kemajuan masyarakat terkait erat dengan kemampuan para peneliti untuk memproduksi dan memanipulasi material bahan untuk memenuhi kebutuhan mereka. Faktanya, fase peradaban awal di bedakan oleh tingkat perkembangan material mereka yaitu Zaman Batu, Zaman Perunggu, Zaman Besi. 


Manusia purba hanya memiliki akses ke materi dalam jumlah yang sangat terbatas, yang terjadi secara alami seperti batu, kayu, tanah liat, kulit, dan sebagainya. 


Seiring waktu mereka menemukan teknik untuk memproduksi bahan yang memiliki sifat lebih unggul dari yang alami; bahan-bahan baru ini termasuk tembikar dan berbagai logam. 

Selanjutnya, ditemukan bahwa sifat-sifat suatu bahan dapat diubah dengan perlakuan panas dan dengan penambahan zat lain. Pada titik ini, sudah terjadi proses seleksi tentang karakteristik bahan yang nantinya di sesuaikan dengan penggunaannya. 

Para ilmuwan mulai memahami hubungan antara elemen struktural bahan dan sifat-sifatnya termasuk karakteristik bahan baru pada 100 tahun terakhir ini. 
Dengan demikian, puluhan ribu bahan material  telah berevolusi menjadi karakteristik yang khusus untuk memenuhi kebutuhan masyarakat modern, ini termasuk logam, plastik, lasses, dan serat. 

Perkembangan teknologi yang membuat keberadaan kita menjadi begitu nyaman telah terkait erat dengan aksesibilitas bahan yang sesuai. 

Kemajuan dalam pemahaman tentang jenis material sering menjadi cikal bakal kemajuan teknologi secara bertahap. Misalnya, mobil tidak akan mungkin terjadi tanpa ketersediaan baja murah atau pengganti lain yang sebanding. Di era kontemporer kita, perangkat elektronik canggih mengandalkan komponen yang terbuat dari apa yang disebut semikonduktor
bahan.


Produk Lainnya