BLANTERTOKOSIDEv102

Miliarder mandiri Jack Ma: Cara menjadi sukses di usia 20-an, 30-an, 40-an, dan seterusny

Miliarder mandiri Jack Ma: Cara menjadi sukses di usia 20-an, 30-an, 40-an, dan seterusny




Ketika pendiri dan CEO Alibaba, Jack Ma, masih muda, dia melamar lebih dari 30 pekerjaan dan ditolak oleh semuanya. Saat ini, perusahaan e-niaga berusia 53 tahun itu bernilai $ 519 miliar, meskipun Ma baru mulai mencapai kesuksesan kariernya di usia 30-an.

“Dalam hidup, bukan seberapa banyak yang kita capai, tapi seberapa banyak kita telah melalui hari-hari yang sulit dan kesalahan,” kata Ma baru-baru ini kepada sekelompok pemimpin muda yang diundang ke pertemuan tahunan Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss. “Jika Anda ingin sukses, belajar dari kesalahan orang lain, jangan belajar dari cerita sukses.”

Sebagai alumni dari jaringan Pemimpin Global Muda, Ma menjelaskan apa yang harus difokuskan oleh ruangan dewasa muda dalam 30 tahun ke depan.

“Saat Anda berusia 20 hingga 30 tahun, Anda harus mengikuti atasan yang baik [dan] bergabung dengan perusahaan yang baik untuk belajar bagaimana melakukan sesuatu dengan benar,” kata Ma.

“Saat Anda berusia 30 hingga 40 tahun, jika Anda ingin melakukan sesuatu sendiri, lakukan saja. Anda masih bisa rugi, gagal, ”tambahnya.

Namun, tak lama kemudian, Ma merekomendasikan agar orang-orang mulai memprioritaskan stabilitas, keluarga, dan generasi mendatang.

Alih-alih terjun ke bidang atau subjek baru menuju tahun-tahun terakhir dalam karier Anda, dia berkata, "ketika Anda berusia 40 hingga 50 tahun, saran saya adalah Anda harus melakukan hal-hal yang Anda kuasai."

“Saat Anda berusia 50 hingga 60 tahun, luangkan waktu untuk melatih dan mengembangkan kaum muda, generasi penerus,” tambah Ma. “Ketika Anda berusia lebih dari 60 tahun, lebih baik Anda tinggal bersama cucu-cucu Anda.”

Ma mengatakan orang berusia 20-an dan 30-an adalah "yang paling beruntung" karena masih banyak yang harus mereka pelajari.

Alih-alih menetapkan tujuan dan aspirasi Anda berdasarkan kisah sukses orang lain, Ma merekomendasikan menjadikan diri Anda pesaing Anda sendiri. Anda dapat melakukan ini dengan membayangkan apa yang Anda harap akan berhasil dalam 10 tahun, sebuah metode yang berhasil untuknya.

“Sebagai anak muda - bahkan hari ini - saya tidak pernah berpikir saya akan berada di sini,” katanya. “Ketika saya melihat ke belakang, setiap masalah yang saya temui ketika saya masih kecil menguntungkan saya,” kata Ma.

“Saya gagal berkali-kali, orang mungkin tahu bahwa saya melamar begitu banyak pekerjaan, lebih dari 30 pekerjaan, semuanya ditolak, bahkan tidak mendapat kesempatan: 24 dari kami diwawancarai untuk pekerjaan KFC, 23 diterima, saya satu-satunya orang yang ditolak , ”Jelasnya.

Ma juga membahas saat dia melamar "pekerjaan polisi" dengan lima orang lainnya. Dia adalah satu-satunya orang dari grup yang ditolak. Di lain waktu, dia dan sepupunya melamar pekerjaan sebagai pelayan di sebuah hotel bintang empat. “Kami menunggu [dalam] antrian panjang selama dua jam,” kata Ma. Meskipun sepupunya mendapatkan pekerjaan itu, dia menerima penolakan lagi.

Sementara dia mengatakan ibunya menggelengkan kepalanya ke arahnya, dia menolak untuk merasa kecil hati, berpikir, "Saya tahu ini adalah kursus pelatihan untuk saya."

Meskipun dia bilang dia merasa gagal sebelum mencapai usia 30-an, Ma tidak pernah menyerah. Dia menjadikan dirinya pesaing sendiri, membayangkan apa yang ingin dia capai dalam 10 tahun dan melakukan semua yang dia bisa untuk mencapai tujuan itu.

"Tidak peduli seberapa pintar Anda, Anda akan menghadapi kesalahan," kata Ma. “Anda belajar dari kesalahan bukan karena Anda akan dapat menghindari kesalahan ketika kesalahan ini datang, [ketika] penderitaan datang, Anda belajar bagaimana menghadapinya, bagaimana menghadapinya.”

Produk Lainnya