BLANTERTOKOSIDEv102

Tips dan Trick Cara menentukan judul Tugas akhir di tingkat diploma 3 ( D3 )

Tips dan Trick Cara menentukan judul Tugas akhir di tingkat diploma 3 ( D3 )

Saya sudah melalui kuliah dari D3 sampai S2, dan saya benar salah langkah dalam penentuan judul di semua jenjang dan baru sadar ketika sudah memulai penelitian tesis. jadi saya sedikit sedih disini akan apa yang saya sudah kerjakan, hahahaha.


Cara memilih judul Tugas akhir Diploma D3

Diploma memiliki bobot studi 60% praktek dan 40% teori, Dengan kurikulum yang seperti ini bertujuan agar para lulusan Diploma ini akan siap bekerja karena sudah memiliki berbagai keahlian yang telah diperoleh dari kampusnya, sedangkan lulusan Sarjana lebih diarahkan ke bidang riset dan disiapkan untuk melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi sampai jenjang akademis Doktor. Lebih mudahnya, kalau program studi Diploma diberikan bekal ketrampilan untuk menjadi prakrtisi atau sejenisnya, sedangkan Sarjana Anda diarahkan untuk menjadi akademisi, ahli, dll.

jadi saran saya tugas akhir bagi Diploma 3 itu sifatnya hanya aplikatif suatu teori yang sudah ada dalam ranah pendidikan dan mahasiswa paham dan mampu menjelaskan dalam sidang tugas akhir sebagai persyaratan lulus. 

saya dulu kuliah D3 di POLINES semarang, untuk bidang teknik mahasiswa diberi pilihan untuk memilih tugas akhir yang sifatnya analisis atau rancang bangun. jika analisis dikerjakan sendiri, dan jika memilih rancang bangun bisa dikerjakan ber empat. 

untuk analisis mahasiswa dituntut untuk membuat penelitian yang sifatnya minimal meniru penelitian lain yang bersifat analisis dan mampu memaparkan dengan paham. jadi saran saya kalau mau ambil analisis bagi D3 tinggal pilih saja Journal international yang sesuai jurusan. pilih saja yang paling bisa dipahami. lalu ubah jadi bahasa indonesia dan ajukan sebagai proposal TA. saya pastikan lolos. 
setelah lolos tinggal tiru semua eksperimen dan analisa nya. saya yakin lulus gampang.

untuk yang lebih memilih rancang bangun ini lebih mudah. target di rancang bangun adalah. mahasiswa harus bisa membuat rancangan suatu alat yang bisa dimanfaatkan di masyarakat. pilih saja yang belum ada tapi bisa dibuat dengan konsep yang simple, dijamin lulus gampang. walau gak bisa jawab ketika sidang TA saya pastikan nilai A , ahhahaha. (pengalaman pribadi) 

Produk Lainnya