BLANTERTOKOSIDEv102

Penjelasan lengkap Teknik Penuangan Logam

Penjelasan lengkap Teknik Penuangan Logam

Penjelasan Teori Penuangan logam lengkap. Penuangan merupakan salah satu tahap penting dalam membuat produk cor. Sebelum penuangan dilakukan, bahan baku harus dipanaskan terlebih dahulu hingga mencair. Setelah mencair, logam siap untuk dituang. Agar penuangan berhasil, logam harus mengalir ke semua rongga cetakan sebelum mengeras. Beberapa faktor yang memengaruhi proses penuangan antara lain: suhu penuangan, laju penuangan, dan turbulensi.

Penuangan aluminium.
Gambar 1. Proses Penuangan.
(Sumber: FabCentral MIT)

Suhu Penuangan

Suhu penuangan adalah suhu logam cair saat dimasukkan ke dalam cetakan. Perbedaan antara suhu saat penuangan dan suhu saat pembekuan dimulai adalah hal penting.

Laju Penuangan

Laju penuangan mengacu pada laju volumetrik di mana logam cair dituangkan ke dalam cetakan. Jika laju terlalu lambat, logam akan dingin dan membeku sebelum mengisi rongga. Jika laju penuangan berlebihan, turbulensi bisa menjadi masalah. Turbulensi dalam aliran fluida ditandai dengan variasi yang tidak menentu pada besar dan arah kecepatan di seluruh fluida.

Aliran turbulensi harus dihindari selama penuangan karena:
  • Cenderung mempercepat pembentukan oksida logam yang dapat terperangkap selama pemadatan.
  • Turbulensi juga memperparah erosi cetakan, yang secara bertahap menghilangkan permukaan cetakan. Erosi pada rongga utama akan memengaruhi bentuk produk. 
itu adalah penjelasan lengkap penuangan logam

Produk Lainnya