BLANTERTOKOSIDEv102

DEMAK BISA MENJADI SALAH SATU KOTA TERKOTOR DI ASIA !!

DEMAK BISA MENJADI SALAH SATU KOTA TERKOTOR DI ASIA !!


Assalamualaikum warrahmatullahi wabarokatuh

Kita semua sudah tau bahwa semua manusia di bumi itu pasti suka dengan yang namanya tempat yang bersih.



mungkin gak untuk jadi salah satu dari 5 kota terkotor di ASIA di tahun 2018. gak ada yang gak mungkin!!

Cuma satu hal nih yang bikin kepikiran di benakku,,, KOK BANYAAAAAAKKKKK SIH yang buang sampah sembarangan. Saya cerita gak jauh jauh nih dari tempat tinggal ku. 

Jadi nih jika kalian lewat pantura di kota demak itu kan sebelah kanan kiri itu sungai ya?

Kotornya minta ampun sobattt, sungai mempunyai warna yang warna warni. Bukan dari tanaman dikanan kiri sungai. Tapi dari plastic sampah yang buanyak, dan banyaknya buangan limbah dari industri yang tidak sanggup dikontrol oleh pemerintah kota.


sumber gambar : berintajateng.net

WHY???? KENAPA??

Kalau menurut saya itu berasal dari budaya lama yang ada dari dulu bahwa buang sampah di jamban.. ditambah tidak adanya progam dari pemerintah kota maupun desa untuk berusaha mengontrol sampah yang ada. Padahal pembuangan sampah adalah progam wajib dari setiap rumah tangga.
Apakah didesa kalian ada tempat pembuangan akhir?

Di kebanyakan desa di demak tidak punya tempat pembungan akhir. Jadi pelariannya ke sungai yang ada di sebelah desa, wkwkwkwkw

Dulu yang sungai nya enak buat berenang sekarang beeehhhhh. Pait dilihatnya.

Dan selanjutnya dari kesadaran warganya sendiri juga gak mau menata sampah dan hanya menumpuk di bahu sungai. Kepret tenan.

sumber gambar : jatengpos.com

JADI HOW??? GIMANA ???

Banyak jalan sebenarnya untuk mengontrol sampah, tapi dibutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk itu. Dan pemerintah lebih mengedepankan pembangunan jalan yang jadi rutin per semester untuk dibangun dan uangnya masuk ke segilintir orang2 yang berkuasa.

Langkah menangani sampah

  1. Kesadaran pemerintah untuk mau mulai mengurus kebersihan kota ( padahal gak pernah dapet adipura, tapi tetep gak sadar
  2. Setelah sadar bangun infrastruktur pendukung. Bangun Tempat pembuangan yang tersebat di semua gang desa dan satu TPA akhir desa, dan TPA akhir kota (kalau yang kota pasti udah ada)  
  3. Bangun jaringan terhubung yang mengambil sampah dari gang menuju ke TPA akhir desa. Dan selanjutnya ke TPA kota
  4. Galakan peraturan. Seperti disingapura kenapa negara itu bisa bersih. Karena denda pembuangan sampah disana gede banget. Sekitar 5000 dolar singapura atau 50.000.000    rupiah. Mantap gak tuh. Jadi otomatis semua bakal buang sampah pada tempatnya.
  5. Terakhir upaya pengolahan sampah. Dah  banyak tuh recycle sampah plastic. Diubah jadi kompos nanti bisa dijual, sampai untuk dibuat jadi listrik.

dan info terakhir, 
Bukan demak yang sekarang menjadi salah satu kota terkotor dari 5 di Asia di tahun 2018 tapi kalimantan. (dikutip Grid.ID dari Forbes, ada kota-kota di negara Asia yang dikategorikan sebagai kotor kotor karena polusi)


sumber gambar : youtube

Pasti harapan kita semua kan punya sungai yang kayak di jepang yang bening trus banyak ikan koi berenang dan buat pacaran juga in the hoy. Dan buat feed Instagram juga ok punya.

Produk Lainnya